PENGARUH MODEL CYCLE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII MTSN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SANTI DWI ASTUTIK, 2814133172 (2017) PENGARUH MODEL CYCLE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII MTSN KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (975kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Cycle Learning Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Materi Garis dan Sudut Kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017” ditulis oleh Santi Dwi Astutik NIM 2814133172, Pembimbing : Dra. Hj Umy Zahroh, M. Kes, Ph.D Kata Kunci: Model Cycle Learning, Media Power Point, Hasil Belajar. Fakta yang menyatakan rendahnya kualitas pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa dikarenakan mayoritas guru matematika masih menggunakan metode pembelajaran dengan cara ceramah dan penugasan. Dalam mempelajari matematika guru hendaknya memperhatikan proses tidak hanya memprioritaskan pada pencapaian hasil belajar yang dilihat dari UAS saja. Oleh karena itu, diperluhkan adanya inovasi pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model Cycle Learning. Model Cycle Learning adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat memotivasi siswa ketika belajar, berdiskusi, memberi penjelasan, dan mengembangkan. Sehingga, dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan tidak membosankan. Dengan menggunakan media power point proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model cycle learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar materi garis dan sudut kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model cycle learning menggunakan media power point terhadap hasil belajar materi garis dan sudut kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. Pola penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel yang digunakan 35 siswa kelompok eksperimen dan 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran bersiklus menggunakan power point terhadap hasil belajar siswa materi garis dan sudut kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-test yang diperoleh sebesar 3,741 yang lebih besar dari nilai "t" _tabel dengan taraf 5% yaitu sebesar 1,994. (2) Besar pengaruh model pembelajaran bersiklus menggunakan power point terhadap hasil belajar siswa materi garis dan sudut kelas VII MTsN Karangrejo Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari nilai S_poled yang diperoleh secara manual yaitu sebesar 0,92 dalam tabel interpretasi dengan persentase 82%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12505174044 SANTI DWI ASTUTIK
Date Deposited: 28 Dec 2017 04:44
Last Modified: 28 Dec 2017 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item