PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

EKA RIZKI MEILINA, 2814133052 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (595kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Drilling Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Eka Rizki Meilina, NIM.2814133052, dibimbing oleh Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Snowball Drilling, Hasil Belajar. Pendidikan berlangsung di segala jenis, bentuk, dan tingkat lingkungan hidup, yang kemudian mendorong pertumbuhan segala potensi yang ada di dalam diri individu. Banyak orang yang memandang bahwa matematika sebagai bidang studi yang sangat sulit. Akibatnya siswa kurang maksimal mencapai hasil prestasi belajar matematika. Seorang siswa dapat lebih mudah dalam menerima materi yang sedang di ajarkan oleh gurunya selama proses pembelajaran berlangsung jika mereka merasakan kesenangan ketika dalam penyampaian materi. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball drilling. Dalam penerapan snowball drilling peran guru adalah mempersiapkan soal-soal dan menunjuk atau mengundi untuk mendapatkan seorang peserta didik yang akan menjawab soal tersebut. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe snowball drilling terhadap hasil belajar pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe snowball drilling terhadap hasil belajar pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitiannya menggunakan quasi experiment. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 190 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-C yang berjumlah 29 siswa dan VIII-E yang berjumlah 31 siswa. Berdasarkan analisis data menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran snowball drilling terhadap hasil matematika pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis diperoleh dengan nilai . (2) Besar pengaruh model pembelajaran snowball drilling terhadap hasil belajar pada materi persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Al-Huda Bandung tahun ajaran 2016/2017 yaitu 79,4%, yang tergolong large (tinggi). Diperoleh dari rumus Cohen’s.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133052 EKA RIZKI MEILINA
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:19
Last Modified: 28 Dec 2017 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7008

Actions (login required)

View Item View Item