PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BALOK DAN KUBUS DI KELAS VIII SMPN 01 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUTAMIMATUL KHUSNA, 2814133132 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BALOK DAN KUBUS DI KELAS VIII SMPN 01 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Balok Dan Kubus di Kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Mutamimatul Khusna, NIM. 2814133132, pembimbing Dr Maryono,M.Pd. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar, Balok dan Kubus Model pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Secara umum, guru menggunakan metode ceramah. Metode tersebut kurang efektif, karena menjadikan siswa kurang aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Dalam skripsi ini, penulis memperkenalkan model pembelajaran yang dapat menjdikan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran yaitu Teams Games Tournament (TGT). Dalam model pembelajaran tersebut terdapat sebuah turnament untuk mengukur pemahaman siswa dan penghargaan kelompok yang menjadikan siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament TGT terhadap hasil belajar matematikapada materi kubus dan balok. 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas VIII SMPN 01 Sumbergempol Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Dimana kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen dan VIII-H sebagai kelas kontrol. Teknik dan Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa ulangan harian dan post tes Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa materi kubus dan balok di SMPN 01 Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 92,6 dan kelas kontrol 71,2. Hasil Uji statistik diperoleh nilai t hitung sebesar 5,44 pada nilai tes. Dengan db = 65 dan taraf signifikansi 5% diperoleh t tabel 2,00. Sehingga t hitung t tabel maka ditolak dan diterima. 2) besar pengaruh pendekatan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok di SMPN 01 Sumbergempol Tulungagung dihitung dengan rumus Cohen’s adalah 91,9% (tergolong sangat tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133132 MUTAMIMATUL KHUSNA
Date Deposited: 28 Dec 2017 03:52
Last Modified: 28 Dec 2017 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7015

Actions (login required)

View Item View Item