Perbedaan Hasil Belajar Matematika menggunakan metode Guide Note Taking dengan Peta Konsep pada siswa MTs Al Huda Kedungwaru

Dewi, Titis Listiana (2014) Perbedaan Hasil Belajar Matematika menggunakan metode Guide Note Taking dengan Peta Konsep pada siswa MTs Al Huda Kedungwaru. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal Skripsi.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN ISI.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Guide Note Taking, Peta Konsep. Matematika dan ilmu eksak lainnya sering kali mendapat perhatian khusus dalam dunia pendidikan. Hal tersebut dikarenakan perlunya tingkat pemahaman yang lebih untuk memahaminya. Salah satu faktor yang melatar belakangi hal tersebut adalah perbedaan daya tangkap otak. Otak manusia terbagi menjadi dua bagian utama yaitu otak kanan dan kiri. Penyeimbangan kedua bagian tersebut sangat diperlukan agar daya fikir dapat seoptimal mungkin. Penyeimbangan tersebut dapat dilakukan melalui pemilihan metode belajar yang tepat. Salah satu metode tersebut adalah metode peta konsep. Untuk itu penulis melakukan penelitian terhadap peta konsep dengan membandingkan metode tersebut dengan metode lain. Metode tersebut adalah metode Guide Note Taking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika menggunakan metode Guide Note Taking dengan Peta Konsep pada siswa MTs Al Huda Kedungwaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif dan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas MTs Al Huda Kedungwaru tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Metode tes yang digunakan adalah post test, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa pada materi kubus dan balok setelah diberi perlakuan. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui kondisi objek penelitian. Dari hasil penelitian dan perhitungan t-test diperoleh sebesar 2,172 sedangkan nilai pada taraf signifikansi 5% diperoleh 2,093. Karena > maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan metode Guide Note Taking dengan Peta Konsep pada siswa MTs Al Huda Kedungwaru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Jan 2015 03:58
Last Modified: 08 Jan 2015 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item View Item