ROSITA LYYNGGA NINGRUM, 2814133163 (2017) PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (460kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (182kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul ”Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rosita Lyyngga Ningrum NIM 2814133163 dibimbing oleh Hj. Umy Zahroh, Ph.D Kata kunci: Teknik Mind Mapping, Motivasi belajar, Hasil belajar. Kendala siswa dalam kesulitan belajar pada pembelajaran matematika diakibatkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika, hal ini mengakibatkan hasil belajar matematika rendah. Dengan variasi teknik pembelajaran yang berkembang dapat digunakan untuk meninggkatkan kemampuan belajar siswa. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah teknik mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap motivasi belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut siswa kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Tes, 4) Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA. Hasil penelitian adalah: (1) Ada pengaruh motivasi belajar siswa antara kelas yang telah diterapkan teknik mind mapping dalam pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan teknik mind mapping. (2) Ada pengaruh hasil belajar siswa antara kelas yang telah diterapkan teknik mind mapping dalam pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan teknik mind mapping. (3) Ada pengaruh motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang telah diterapkan teknik mind mapping dalam pembelajaran dengan kelas yang tidak menggunakan teknik mind mapping. Dalam meningkatkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran didalam kelas seorang guru diharapkan dapat memilih teknik mind mapping untuk memaksimalkan cara kerja otak siswa dengan menggunakan gambar, simbol serta warna-warna sehingga dapat membantu siswa dalam mengingat dengan mudah dan mengatasi kesulitan belajar khususnya pada pembelajaran matematika sehingga dapat tercapainya tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133163 ROSITA LYYNGGA NINGRUM |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 01:42 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7053 |
Actions (login required)
View Item |