METODE CERITA PEMBELAJARAN PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Study Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Talok dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar)

ZAENAL ARIFIN, 1755144037 (2017) METODE CERITA PEMBELAJARAN PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK (Study Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Talok dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (497kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Zaenal Arifin, NIM. 1755144037, “Metode Cerita Pembelajaran PKn Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik”(Studi Multisitus di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar)”, Tesis 2016, Program Pascasarjana, Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung,Pembimbing: Dr. H. Teguh,M.Ag dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci : Metode Cerita, Pembelajaran PKn, Karakter Pelaksanaan pendidikan PKn yaitu pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih cenderung bersifat normatif, teoritis dan kognitif artinya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan satu metode saja, karena guru adalah sebagai fasilitator dan guru juga sebagai salah satu pelaksana pendidikan di sekolah ditunt utuntuk mampu menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang hidup dan menyenangkan, jadi mengingat hal tersebut perlu adanya variasi metode pembelajaran yang relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Penerapan metode cerita bisa dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam penanaman karakter siswa.Penerapan metode tersebut selain bias cepat menyentuh di hati parasiswa, metode cerita juga membuat siswa tidak akan cepat merasa bosan di dalam kelas, karena dalam metode cerita parasiswa akan mengetahui gambaran tentang kisah para Pendiri bangsa, sifat-sifat para Pahlawan atau orang-orang terdahulu, yang dapat diambil pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis mereka nantinya. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana langkahlangkah kegiatan pembelajaran PKn dengan metode cerita MI Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar? (2) Bagaimana proses pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar ? (3) Bagaimana peranan metode cerita dalam pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar? Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk menjelaskan dan mendiskripsikan (1) Langkah-langkah kegiatan pembelajaran PKn dengan metode cerita di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar. (2) Untuk mengetahui proses pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran PKn di kelas Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar. (3) Mengetahui peranan metode cerita dalam pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran PKn di kelas Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multi situs, lokasinya Madrasah Ibtidaiyah Ma’arifTalok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data situs individu dan analisis data lintas situs, sedang kan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas, dependenbilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian setelah di adakan analisis (1) Langkah-langkah pembelajaran PKn dengan metode cerita Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar sangat komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. (2) proses pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Talok, Pojok, Garum, Blitar dan Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Athfal Pojok, Garum, Blitar terintegrasi, tidak hanya melalui pemberian materi didalam kelas saja tetapi juga meliputi keteladanan sikap serta kepribadian seorang pendidik, pengkondisian lingkungan sekolah serta pembiasaan untuk selalu berakhlakul karimah dan bermoral Pancasila. (3) Metode cerita dalam pembelajaran PKn yang di terapkan member peran dalam pembentukan karakter Nasionalis dan kebangsaan juga religious pada peserta didik

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755144037 ZAENAL ARIFIN
Date Deposited: 29 Dec 2017 03:36
Last Modified: 29 Dec 2017 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item