BINTI LUTHFIANA QURROTUN NI’MAH, 2811133052 (2018) PENERAPAN METODE USMANI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ DARUT TA’LIMIL QUR’AN BANGLE KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (428kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (507kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (103kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Usmani dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Binti Luthfiana Qurrotun Ni’mah, NIM. 2811133052, pembimbing Dr. Hj. Retno Indayati, M.Si. Kata kunci: Metode Usmani, Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa metode Usmani ini sebenarnya adalah metode ulama’ salaf yang telah hilang, dikarenakan ada beberapa percobaan metode-metode baru yang belum pernah ada, yang mungkin bisa lebih mudah dan cepat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Tetapi pada kenyataannya, banyak bacaan-bacaan Al-Qur’an yang masih menyalahi dan tidak sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid, selain itu masih ada anak-anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an.Sebagai sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an, metode Usmani memiliki karakteristik dan spesifikasi yang berbeda dengan metode lain, berupa target atau tujuan pembelajaran, system atau aturan pembelajaran, prinsip, tahapan, tehnik dan strategi mengajar serta evaluasi. Selain itu, keberadaan Al-Qur’an menggunakan rasm Usmani merupakan hasil ijma’ para sahabat yang harus diperhatikan dan diikuti.Untuk itulah penulis memilih metode Usmani untuk dijadikan sebuah penelitian. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1. Bagaimana tehnik metode usmani dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar? 2. Bagaimana proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam penerapan metode Usmani di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar? 3. Bagaimana aturan pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam penerapan metode Usmani di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tehnik metode Usmani dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar, untuk mengetahui proses pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam penerapan metode Usmani di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigor Blitar, dan untuk mengetahui aturan pembelajaran membaca Al-Qur’an dalam penerapan metode Usmani di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigor Blitar. Dalam penelitian ini digunakan 1) metode penelitian kualitatif deskriptif. 2) lokasi penelitian di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar. 3) kehadiran peneliti di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar. 4) sumber data yaitu insani terdiri dari kepala TPQ, ustadz dan ustadzahnya, serta santri TPQ., data non insane berupa data-data dari dokumentasi yang ada di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar. 5) tehnik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. 6) analisis data yang dilakukan peneliti dalam penelitian kualitatif yaitu dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 7) pengecekan keabsahan temuan: uji kredibilitas terdiri dari perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Usmani dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Darut Ta’limil Qur’an Bangle Kanigoro Blitar. 1) Menggunakan teknik klasikal-individual dan untuk melihat kemampuan santri menggunakan 3 evaluasi yaitu tes pelajaran, tes kenaikan juz dan tes tashih. Untuk mengikuti tashih ada 2 tahapan yaitu mengikuti try out dan pre test. 2) proses pembelajaran menggunakan talaqqi dan musyafahah. 3) aturan metode Usmani yaitu membaca tanpa dieja, langsung dipraktekan, materi dilakukan secara bertahap, menerapkan sistem modul, menekankan banyak latihan, belajar sesuai dengan kesiapan santri, evaluasi dilakukan setiap hari, proses pembelajaran secara talaqqi dan musyafahah, guru harus ditashih dahulu, dan menguasai 10 materi tambahan yang meliputi: Fashahah, tajwid, gharib, hafalan surat pendek, hafalan surat yasin. Hafalan tarjamah, hafalan tahlil, menulis pegon, praktek wudhu dan praktek shalat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Manajemen Zakat Dan Waqaf |
Depositing User: | 2811133052 BINTI LUTHFIANA QURROTUN NI’MAH |
Date Deposited: | 04 Jan 2018 01:42 |
Last Modified: | 04 Jan 2018 01:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7106 |
Actions (login required)
View Item |