PENGEMBANGAN KURIKULUM FULLDAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung)

FICKY DEWI IXFINA, 1755154019 (2018) PENGEMBANGAN KURIKULUM FULLDAY SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (Studi Multi Situs di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam (studi multi situs SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) ini ditulis oleh Ficky Dewi Ixfina, dibimbing oleh Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. dan Dr. Chusnul Chotimah, M. Ag. Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Fullday School, Mutu, Pendidikan Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena pendidikan di Indonesia yang terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan disegala aspek, untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan, pemerintah senantiasa memberikan dorongan kepada lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi-inovasi, salah satu cara untuk merealisasikan adalah adanya pengembangan kurikulum di lembaga pendidikan Islam sebagai bentuk inovasi pendidikan Islam. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut diatas, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang “Pengembangan Kurikulum Fullday School Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam”(Studi multi situs SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung) Pertanyaan dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana konsep pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana implemestasi pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? (3) Bagaimana implikasi pengembangan kurikulum fullday school dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif, sementara dalam pengumpulan data menggunkan metode wawancara partisipan, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data yang terkumpul, penulis menggunakan analisis deskriptif.analisis data menggunkan reduksidata, sajian data, penarikan kesimpulan.dalam pengecekan keabsahan data melalui kreadibilitas, tranferabilitas, rehabilitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konsep fullday school di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung yang dilaksanakan adalah, interelasi, kesiapan lembaga, pengembangan tugas. 2) implementasi pengembangan kurikulum fullday school di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung Beberapa implementasi Pengembangan kurikulum yang dilaksanakan adalah diagnosis kebutuhan, merumuskan tujuan pendidikan, seleksi dan organisasi isi, seleksi dan organisasi pengalaman belajar, serta evaluasi dan cara untuk melakukanya. 3) Dampak pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di SD Islam Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung dan SD Islam Al–Azhaar Kedungwaru Tulungagung berimplikasi baik terhadap prestasi siswa, baik prestasi akademik maupun non akademik. Dengan prestasi yang baik dapat meningkatkan mutu pendidikan Islam yang semakin baik. Mutu pendidikan yang baik akan mencetak ratusan lulusan yang memiliki daya saing yang tidak diragukan lagi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154019 FICKY DEWI IXFINA
Date Deposited: 16 Jan 2018 01:42
Last Modified: 16 Jan 2018 01:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7163

Actions (login required)

View Item View Item