PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIIYAH SE-KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG

CHOIRUL ANWAR, 1755154010 (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIIYAH SE-KECAMATAN NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan guru dan Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Choirul Anwar, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM: 1755154010, Tahun 2017 di bimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Eny Setyowati, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar siswa, Prestasi Belajar Siswa. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh melemahnya kedisiplinan guru yang bisa dilihat antara lain adanya gejala-gejala guru yang sering membolos/mangkir mengajar, guru yang masuk ke kelas yang tidak tepat waktu atau terlambat masuk ke sekolah, guru yang mengajar tidak mempunyai persiapan mengajar atau persiapan mengajarnya yang kurang lengkap. Dan juga rendahnya motivasi belajar siswa sehingga banyak sekali siswa yang kurang dalam meraih prestasi disekolah. Sehingga peneliti ingin meneliti pengaruh antara disiplin guru dan motivasi belajar siswa dengan pretasi belajar siswa di sekolah. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimanakah pengaruh kedisiplinan guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduktif dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung sebanyak 9 lembaga sekolah. Kemudian dengan teknik cluster sampling dipilih 4 lembaga sekolah dengan populasi sebanyak 2464 siswa. Dalam penelitian ini jumlah sampel berdasarkan tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Issac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% yaitu sebanyak 283 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana, regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Ngantru yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (7,997 > 1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kedisiplinan guru adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Ngantru yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (4,203 > 1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel Motivasi belajar siswa adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan siswa dan motivasi belajar siswa terhadap Prestasi belajar di Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Ngantru yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (30,631 > 1,968). Nilai signifikansi t untuk variabel kedisiplinan guru dan Motivasi belajar siswa adalah 0.000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0.05 (0,000 < 0,05). Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755154010 CHOIRUL ANWAR
Date Deposited: 02 Mar 2018 06:55
Last Modified: 02 Mar 2018 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7212

Actions (login required)

View Item View Item