RUDI KURNIAWAN, 2817133171 (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (525kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (225kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (206kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung”, ditulis oleh Rudi kurniawaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, dibimbing oleh Hj. Luluk 'Atirotu Zahroh, S.Ag, M.Pd Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Disiplin, Hasil Belajar Peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung, penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa Kebanyakan sekolah sekarang hanya menitik beratkan pembelajaran pada kecerdasan intelektual peserta didik saja dan kurang memperhatikan aspek afektifnya menyebabkan peserta didik hanya cerdas secara intelektual namun kurang beretika, oleh sebab itu maka dibutuhkan sistim pendidikan yang dapat menyeimbangkan keduanya. Penelitian ini difokuskan pada:1) Bagaimana perencanaan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Mendiskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung. 2) Mendiskripsikan penerepan pendidikan karakter dalam meningkatkan hasil belajar peseta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung.3)Mendiskripsikan evaluasi pendidikan krakter dalam meningkatkan Hasil belajar peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Perencanaan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung adalah perencanaan yang dirancang saat sebelum mulai kegiatan pembelajaran yang dimulai dengan mengenalkan nilai karakter melalui peraturan dan konsep pembelajaran yang mengandung unsur pendidikan karakter, membangun kepedulian akan nilai dan internalisasi nilai karakter disiplin, yang dilanjutkan dengan peserta didik diberi peluang untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan serta sikap lebih lanjut melalui sumber-sumber dan kegiatan-kegiatan pembelajaran lainnya sehingga pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik lebih luas dan dalam. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung adalah proses pembelajaran guru menunjukkan kedisiplinannya dan menggunakan beberapa teknik dan taktik dalam penyampaian materi pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, yang meliputi tahap eksplorasi, elaborasi maupun konfirmasi dan kegiatan penutup. Hal tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter kedisiplinan kepada peserta didik, sehingga peserta didik tidak melakukan pelanggaran dan peserta didik dapat mengendalikan diri untuk tidak melanggar peraturan di sekolah maka hal tersebut berimbas pada hasil belajarnya. 3) Evaluasi pelaksanaan Pendidikan Karakter Disiplin dalam Meningkatkan hasil Belajar Peserta didik di SDI Al-Munawwar Tulungagung dilakukan dengan cara: kepala sekolah bekerja sama dengan berbagai pihak yang terkait seperti wali kelas, guru bidang studi dan oranngtua peserta didik untuk mengamati perilaku mereka ketika proses pembelajaran berlangsung dan melalui hasil pekerjaan yang mereka lakukan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133171 RUDI KURNIAWAN |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 03:51 |
Last Modified: | 06 Feb 2018 03:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7241 |
Actions (login required)
View Item |