PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TYPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS III MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG

SAYLI NUR ROHMAH SA’ADAH, 2817133177 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TYPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS III MIN NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (137kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sains Peserta Didik Kelas III MIN Ngepoh Tanggung Gunung Tulungagung” ini ditulis oleh Sayli Nur Rohmah Sa’adah NIM.2817133177, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati S.Pd. MM Kata Kunci: Model Number Head Together, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi mengenai kesulitan belajar yang dialami peserta didik pada mata pelajaran IPA terutama pokok bahasan Wujud Benda. Hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang aktif pada saat pembelajaran, yang berakibat pada ketidak fahaman terhadap materi yang disajikan oleh pendidik. Metode yang digunakan pendidik adalah ceramah dan tanya jawab, serta model yang digunakan dalam proses pembelajaran IPA kurang inovatif dan kreatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kerjasama dalam pelajaran Sains melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan dalam pelajaran Sains melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan Hasil Belajar dalam pelajaran Sains melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan kerjasama dalam pelajaran Sains melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan dalam pelajaran Sains melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Sains melalui penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas sejumlah dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung. Tekhnik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together pada mata pelajaran IPA materi Wujud Benda dapat meningkatkan kerjasama peserta didik. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan dari siklus I dengan hasil 56,5 ke siklus II dengan hasil 62,5 yaitu meningkat sebesar 6 dengan persentase 9,23%. 2) Penerapan Cooperative Learning Type Number Head Together dapat meningkatkan keaktifan peserta didik. Pada siklus I mendapatkan hasil 9 dan siklus II mendapat hasil 13,5 dan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,5 dengan persentase 30%. 3) Penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Dapat dilihat pada hasil siklus I sebesar 71,95 selanjutnya pada siklus II mendapatkan hasil sebesar 82,90, hal tersebut dapat dilihat peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,95 dengan persentase 52,14. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together dapat meningkatkan kerjasama, keaktifan dan hasil belajar IPA peserta didik kelas III MIN Ngepoh Tanggunggunung Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133177 SAYLI NUR ROHMAH SA’ADAH
Date Deposited: 16 Mar 2018 06:05
Last Modified: 16 Mar 2018 06:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item