PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III-B MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG

DEWI MUALIFAH, 2817133030 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS III-B MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (674kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Siswa Kelas III-B MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung”. Ditulis oleh Dewi Mualifah NIM:2817133030, dibimbing oleh Dr.Hj. Elfi Muawanah, M.Pd. Kata kunci : Make a Match, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran Al-Quran Hadits di MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung peserta didik lemah dalam materi hafalan surat beserta terjemahannya padahal mata pelajaran Al-Quran Hadits banyak berorientasi pada materi hafalan surat dan hadits. Sehingga peserta didik merasa kurang tertarik pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, akibatnya mereka malas dan enggan untuk mempelajarinya. Rumusan masalah dalam penulisan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan surat al-fatihah dan al-ikhlas peserta didik kelas III_B MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung?; 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Al-Quran Hadits pokok bahasan surat al-fatihah dan al-ikhlas melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match peserta didik kelas III_B MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan model cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan surat al-fatihah dan al-ikhlas peserta didik kelas III_B MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung 2) Untuk meningkatan hasil belajar Al-Quran Hadits pokok bahasan surat al-fatihah dan al-ikhlas melalui penerapan model cooperative learning tipe make a match pada peserta didik kelas III_B MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan; observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas III_B MI Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung pada mata pelajaran Al-Quran Hadits. Sedangkan Observasi, catatan lapangan, dan wawancara digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran make a match, keadaan peserta didik maupun keadaan guru. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penerapan model pembelajaran make a match mata pelajaran Al-Quran Hadits pokok bahasan surat al-fatihah dan al-ikhlas menunjukkan adanya peningkatan. Pada tes awal (pre test) dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 15%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 50%, ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan setelah dilakukan tindakan pada siklus II menjadi 85%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133030 DEWI MUALIFAH
Date Deposited: 15 Feb 2018 02:17
Last Modified: 15 Feb 2018 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7273

Actions (login required)

View Item View Item