ENDANG LESTARI, 1755154015 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (463kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (203kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (797kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran Matematika dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Multisitus di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri)” ini ditulis oleh Endang Lestari dengan dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd dan Dr. H. Syamsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Matematika, Prestasi Belajar. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan dan harapan atas mutu pembelajaran, terutama mata pelajaran matematika. Matematika merupakan pengetahuan universal yang mendasari perkembangan teknologi modern dan mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa prestasi belajar matematika siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah kita sebagai pendidik merencanakan suatu siasat dengan pola perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan dan tindakan pembelajaran yang dipilih dan digunakan guru secara kontekstual sesuai dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, lingkungan sekitar, termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan khusus pembelajaran tertentu yang dirumuskan dalam rangka peningkatan kualitas mutu pembelajaran. Berdasarkan konteks penelitian dan observasi awal dilapangan, fokus penelitian tesis ini adalah strategi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri. Pertanyaan dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (2) Bagaimana metode pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (3) Bagaimana teknik pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa?; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik dengan jenis multi situs, lokasinya di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri, sumber datanya data primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian ini, maka diadakan pengecekan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi sumber data. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data multi situs yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An-Najah Joho Wates Kediri diantaranya pendekatan kontruktivisme, pendekatan matematika realistik, pendekatan pemecahan masalah; (2) Metode pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri diantaranya: metode tanya jawab, ceramah, diskusi, resitasi, demonstrasi, discovery, dan inkuiri, (3) Teknik pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri diantaranya: teknik tanya jawab, menjelaskan, teknik diskusi, teknik penemuan terbimbing (4) Evaluasi pembelajaran matematika dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MI Miftahul Huda Ngreco Kandat dan MI An Najah Joho Wates Kediri adalah dengan penilaian proses dan penilaian hasil yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, sedangkan jenisnya adalah sumatif, formatif, dan diagnostik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154015 endang lestari |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 07:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2018 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7316 |
Actions (login required)
View Item |