PENGARUH KEAKTIFAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTSN SUMBERJO BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Agus Edi Susilo, 2814133002 (2017) PENGARUH KEAKTIFAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII MTSN SUMBERJO BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Keaktifan dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII MTsN Sumberjo Blitar Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Agus Edi Susilo, NIM. 2814133002 dibimbing oleh Dr. Muniri ,M.Pd. Kata kunci: keaktifan, kedisiplinan dan hasil belajar. Upaya peningkatan hasil belajar tidak hanya dari peran guru yang aktif dalam mendidik dan memberikan pengarahan tapi juga diperlukan adanya interaksi dan peran aktif siswa. Dalam upaya untuk mencapai ciat-cita yang dinginkan siswa tidak cukup dengan aktif belajar saja, tetapi dalam belajar juga harus dilaksanakan dengan kedisiplinan yang tinggi. Disiplin dalam belajar sangat diperlukan. Karena dengan disiplin dapat melahirkan semangat menghargai waktu, bukan menyia-nyiakan waktu. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, Untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut kelas 1 MTsN Sumberjo Sanan Kulon Kab. Blitar. Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut kelas 1 MTsN Sumberjo Sanan Kulon Kab. Blitar. Untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan kedisplinan belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut kelas 1 MTsN Sumberjo Sanan Kulon Kab. Blitar. Untuk mengetahui besar pengaruh keaktifan dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika pada garis dan sudut sosial kelas VII MTsN Sumberjo Sanan Kulon Kab. Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian asosiatif (hubungan). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII MTsN Sumberjo Sanan Kulon Kab. Blitar tahun ajaran 2016/2017 yang teridiri atas 165 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20-25% dari jumlah populasi adalah siswa yaitu 36 siswa. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran matematika materi garis dan sudut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa, ada pengaruh positif dan signifikan ada pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan belajar terhadap hasil belajar. hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = (2,737) > t tabel = (2,030) dan nilai signifikan (0,010) < (0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = (2,084) > ttabel = (2,030) dan nilai signifikan (0,045) < (0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan keaktifan dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung = (4,317) > t tabel = (5%=4,08) dan nilai signifikan (0,022) < (0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S.Pd 2814133002 Agus Edi Susilo
Date Deposited: 09 Mar 2018 00:59
Last Modified: 09 Mar 2018 00:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7343

Actions (login required)

View Item View Item