EKO PRASETYO, 1756154016 (2018) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM BERBASIS MEDIA FILM (Studi Multisitus di MTsN Karangrejo dan MTsN Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (414kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (265kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (444kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (119kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Media Film (Studi Multisitus Di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung)”, yang ditulis oleh Eko Prasetyo ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Sukarsono, M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran, SKI, media film Penelitian ini dilatar belakangi oleh dengan berkembangannya ilmu pengetahuan, tekhnologi dan perkembangan masyarakat serta budaya umumnya, berkembang pulalah tugas dan peranan guru, seiring dengan berkembangnya jumlah anak yang memerlukan pendidikan. Kita dapat melihat banyak sekali sumber belajar selain guru dan instruktur, karena terdapat berbagai macam media yang dapat membantu siswa dalam pengembangan belajarnya. Di sini akan dijelaskan mengenai media film dalam proses belajar mengajar, khususnya bidang Sejarah Kebudayaan Islam. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah (1) Bagaimana proses perencanaaan pembelajaran SKI berbasis media film di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung? (2) Bagaimana proses pembelajaran SKI berbasis media film di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung? (3) Bagaimana implikasi dari penggunaan media film terhadap siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaaan pembelajaran SKI berbasis media film di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung, untuk mengetahuiproses pembelajaran SKI berbasis media film di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung, untuk mengetahui implikasi dari penggunaan media film terhadap siswa pada mata pelajaran SKI di MTsN Karangrejo Dan MTsN Tulungagung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan teknik observasi,wawancara mendalam, serta teknik dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi data, pembahasan teman sejawat, dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dalam proses perencanaan pembelajaran SKI berbasis media film ada beberapa langkah yang dilakukan oleh guru, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Maksudnya adalah sebelum memulai pembelajaran guru harus mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran, seperti RPP, materi, metodemengajar, media, dan lain sebagainya. Kemudian pelaksanaan pembelajaran, dan yang terakhir adalah tindak lanjut dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan.Selain itu, hal-hal yang diperlukan sebelum melaksanakan pembelajaran berbasis film adalah memastikan bahwa isi film sesuai dengan cakupan materi yang akan disampaikan dan sekolah menyediakan fasilitas yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran berbasis film, seperti komputer dan LCD proyektor. Penggunaan media film dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sangat membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa. Materi yang banyak, dapat dipercepat penyampaiannya dengan menggunakan media film. Selain itu minat dan semangat siswa meningkat ketika guru menggunakan media film dalam menyampaikan materi SKI. Guru dapat mengkombinasikan penggunaan media film dengan metode pengajaran diskusi, tanya jawab, atau yang lainnya untuk lebih memahamkan materi pada siswa. Implikasi dari penggunaan media film terhadap pembelajaran SKI di MTsN Karangrejo maupun di MTsN Tulungagung menunjukkan hasil yang sangat signifikan. Siswa yang biasanya jenuh dan bosan dengan pelajaran SKI, menjadi lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran siswa .Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan media film dalam pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi, sehingga siswa dapat memahaminya dengan lebih baik. Hal ini terbukti ketika guru memberikan pertanyaan seputar materi yang telah ditayangkan, dan siswa mampu menjawabnya denganb aik.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1756154016 EKO PRASETYO |
Date Deposited: | 14 Mar 2018 08:01 |
Last Modified: | 14 Mar 2018 08:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7360 |
Actions (login required)
View Item |