STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

HANIM ROFI’AH, 2817133060 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Peserta Didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung ditulis oleh Hanim Rofi’ah, NIM. 2817133060, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Jani, MM, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Kedisiplinan Beribadah Penelitian ini dilatarbelakangi dikarenakan peserta didik kurang disiplin dalam beribadah. Peserta didik memang diajarkan dalam beribadah baik di madrasah maupun di rumah, namun masih kurang dalam hal kedisiplinan. Peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung cenderung menunda-nunda untuk melakukan beribadah sekalipun itu hanya bersedekah. Banyak alasan dari peserta didik mengapa mereka menunda-nunda untuk beribadah. Padahal beribadah itu hal yang sangat baik untuk bekal kita di akhirat kelak. Oleh karena itu, patut diteliti mengenai strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Faktor apa saja yang menghambat guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Faktor apa saja yang mendukung guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, (3) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian yang dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman, yaitu reduksi data (data reduction), paparan data (data display), dan penarikan kesimpulan dan varifikasi (conclusin drawing verirviying). Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, dan refiew informan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah pembiasaan setiap pagi di halaman madrasah sebelum masuk kelas, pemberian buku penghubung kepada peserta didik, dan praktek shalat pada saat materi Fiqih. (2) Faktor yang menghambat guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, rasa malas dari peserta didik sendiri, dan alasan dari peserta didik yang tidak membawa alat shalat dan baju kotor. (3) faktor yang mendukung guru dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung adalah peserta didik sudah mengikuti TPA/TPQ sebagai bekal ketika belajar di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung, adanya jadwal shalat Dzuhur berjamaah setiap hari Senin sampai hari Kamis, dan adanya ustadz, utusan dari pihak madrasah untuk mengawasi kegiatan beribadah peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133060 HANIM ROFI’AH
Date Deposited: 15 Mar 2018 03:17
Last Modified: 15 Mar 2018 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7364

Actions (login required)

View Item View Item