PENERAPAN MOTODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN DAN KESETIAKAWANAN SOSIAL MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

HARIROTUL KHUSNA, 2817133061 (2018) PENERAPAN MOTODE BERMAIN JAWABAN UNTUK MENINGKATKAN KEPEKAAN DAN KESETIAKAWANAN SOSIAL MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul Penerapan Penerapan Motode Bermain Jawaban Untuk Meningkatkan Kepekaan Dan Kesetiakawanan Sosial Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Peserta Didik Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagungini ditulis oleh Harirotul Khusna, NIM. 2817133061, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M.Pd. I. Kata Kunci: Metode Bermain Jawaban, Kepekaan dan Kesetiakawanan Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kerja tim serta rasa saling membantu antar teman peseta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadist. Hal ini dikarenakan peserta didik dalam pilih-pilih teman kelompok dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung adalah dengan menerapkan metode Bermaian Jawaban pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist pokok bahasan izhar dan ikhfa’. Karena metode bermain jawaban merupakan model pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk saling membantu dan bertukar pendapat dengan kelompok dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kepekaan peserta didik dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi Izhar dan Ikhfa’ dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan kesetiakawanan sosial peserta didik dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi Izhar dan Ikhfa’ dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? (3) Apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi Izhar dan Ikhfa’ dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban pserta didik kelas IV MI Bendilajti Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menumbuhkan kepekaan pesrta didik dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi Izhar dan Ikhfa’ dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban. (2) untuk menciptakan kesetiakawanan peserta didik dalam belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi Izhar dan Ikhfa’ dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bermain jawaban. (3) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi Izhar dan Ikhfa’ dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Bermain Jawaban. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Al Qur’an Hadist peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Al Qur’an Hadist, respon peserta didik, keadaan guru dan peserta didik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa metode Bermaian Jawaban melalui langkah – langkah kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan sosial peserta didik mata pelajaran Al Qur’an Hadist kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 77 dengan persentase ketuntasan belajar 70 %. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 83 dengan persentase ketuntasan belajar 90 %. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode Bermain Jawaban dapat meningkatkan hasil belajar Al Qur’an Hadist peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun ajaran 2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133061 HARIROTUL KHUSNA
Date Deposited: 15 Mar 2018 03:23
Last Modified: 15 Mar 2018 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item