BAITI ZUBAIDAH, 1755154009 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri). [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (275kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (129kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (309kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (201kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Baiti Zubaidah. 2016. Strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa (Studi Multi Situs di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. Munardji, M.Ag dan 2) Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi guru, kesadaran beribadah, siswa Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi yaitu dalam jiwa manusia terdapat nafsu yang terkadang mengajak manusia kearah negatif, untuk menjaga nafsu tersebut dibutuhkan pelatihan diri. Proses pelatihan tersebut menjadi efektif jika ada pembimbing yang dapat mengarahkan dan mengoreksi berbagai perilaku siswa. Siswa diberikan kesempatan mempergunakan akalnya dalam memahami dan menerima ajaran agamanya. Disamping itu, siswa perlu dibiasakan mengamalkan ajaran agamanya serta dapat menekankan kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain kegiatan pembelajaran, guru juga perlu memperhatikan motivasi. Keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran sangat tergantung pada faktor motivasi Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri? 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri? 3) Bagaimana kendala dan solusi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi partisipan, wawancara atau interview mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis data dilakukan dalam dua tahap, yaitu: (1) analisis data kasus individu (individual case), dan (2) analisis data lintas situs (cross case analysis). Hasil penelitiannya adalah: 1) perencanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri dilakukan dengan: a) madrasah dalam upaya meningkat kan kesadaran beribadah siswa sudah sesuai dengan visi madrasah, b) membuat program-program tambahan, 2) pelaksanaan guru dalam upaya meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MI Miftahul Huda Mlati Mojo Kediri dan MI PSM Tempursari Sukoanyar Mojo Kediri dengan jalan: a) Mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang ibadah melalui kegiatan keagamaan, dan pengarahan ataupun nasihat demi suksesnya peningkatan kesadaran beribadah pada siswa. b) Mengingatkan para siswa untuk mengikuti shalat, terutama shalat dhuhur berjamaah yang memungkinkan untuk dilaksanakan di sekolah melalui pengadaan kartu shalat. c) Kegiatan membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran dimulai dan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar untuk meningkatkan ketaatan ibadah siswa. Pembiasaan pembiasaan praktik keagamaan tersebut mampu meningkatkan siswa kesadaran beribadah pada siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah. d) Bulan ramadhan diwajibkan zakat fitrah dan hari raya idul adha diadakan kurban yang disaksikan dan dilakukan oleh siswa dalam proses penyembelihan hewan kurban. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah latar belakang keluarga dari siswa yang beragam sehingga sangat mempengaruhi kesadaran beribadah siswa. Solusi yang dihadapi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah dengan memberikan nasehat-nasehat arahan-arahan tentang pentingnya menjalankan sholat dan juga memberikan wawasan secara mendalam tentang akibat dari meninggalkan sholat.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154009 BAITI ZUBAIDAH |
Date Deposited: | 02 Apr 2018 08:15 |
Last Modified: | 02 Apr 2018 08:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7395 |
Actions (login required)
View Item |