PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII MTs SWASTA DI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017

LAILY FEBRIANTI ANIL HAWA, 2814133099 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR AND SHARE (TPS) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII MTs SWASTA DI KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (698kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (272kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair and Share (TPS) dengan Pendekatan Scientific Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif NU Gandusari Tahun Ajaran 2016/2017” ditulis oleh Laily Febrianti Anil Hawa dibimbing oleh Bu Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Model Think-Pair and Share, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Materi Operasi Bentuk Aljabar Fenomena motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dimana guru lebih aktif menjelaskan dan siswa hanya mendengarkan. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan membuat siswa lebih aktif dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair and share. Think-pair and share merupakan model pembelajaran kelompok dimana siswa diberi waktu lebih banyak memikirkan jawabannya dan saling membantu satu sama lain. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair and share dengan pendekatan scientific terhadap motivasi matematika materi operasi bentuk aljabar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Gandusari. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair and share dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika materi operasi bentuk aljabar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Gandusari Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu, populasinya adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Gandusari berjumlah 63 siswa, teknik samplingnya adalah sampling jenuh, sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B,variabel bebas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair and Share, variabel terikat motivasi dan hasil belajar metode pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, angket, dan tes, analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair and share dengan pendekatan scientific terhadap motivasi matematika materi operasi bentuk aljabar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Gandusari. Hal ini berdasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test, diperoleh nilai t_hitung (2,657)>t_tabel (1,999) pada taraf signifikansi 5%. 2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair and share dengan pendekatan scientific terhadap hasil belajar matematika materi operasi bentuk aljabar siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Gandusari. Nilai t_hitung (2,159)>t_tabel (1,999) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133099 Laily Febrianti Anil Hawa
Date Deposited: 04 Apr 2018 03:26
Last Modified: 04 Apr 2018 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7403

Actions (login required)

View Item View Item