PENERAPAN METODE TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MAHANI BUANA PUTRI, 2817133218 (2018) PENERAPAN METODE TALKING STICK DENGAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (332kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (846kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Talking Stick dengan Media Audio untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Mahani Buana Putri, NIM 2817133218, Pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M. Ag. Kata kunci Metode Talking Stick, Hasil belajar Penelitian ini diletarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung, yang hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode talkins stick. Penerapan metode talking stick dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat membentu pemahaman peserta didik dalam belajar Aqidah Akhlak, sehingga semangat belajar dan belajar peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode talking stick dengan media audio pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Mengenal Nabi dan Rasul Allah SWT peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana penerapan metode talking stick dengan media audio untuk meningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Mengenal Nabi dan Rasul Allah SWT peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan metode talking stick dengan media audio pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Mengenal Nabi dan Rasul Allah SWT peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talking stick menggunaakan struktur tujuh tahap dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Aqidah Akhlak peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari penilaian tindakan peserta didik siklus I ke siklus II yaitu jumlah skor aktivitas peserta didik siklus I adalah 43 (82,69%), yang berada pada kriteria baik dan jumlah skor aktivitas peserta didik siklus II adalah 47 (90,38%), yang berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar antara siklus I ke siklus II sebesar 4 (7,69%). Sedangkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari penilaian pre test sampai dengan post test siklus I ke post test siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar dari pre test adalah 61,5 (25%) yang berada pada kriteria cukup dan pada post test akhir siklus I adalah 71,00 (60%), yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada post test akhir siklus II adalah 85,70 (90%) yang berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar antara siklus I ke siklus II sebesar 13,9 (30%). Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Mengenal Rasul dan Nabi Allah SWT peserta didik kelas IV MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133218 MAHANI BUANA PUTRI
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:58
Last Modified: 06 Apr 2018 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item