IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 3 TULUNGAGUNG

EVA OKTA ZULIAN NISAUL ROHMAH, 1725143087 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (713kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 3 Tulungagung” ini di tulis oleh Eva Okta Zulian Nisaul Rohmah, NIM. 1725143087, pembimbing Dr. H. Abd Aziz, M. Pd. I Kata kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Jujur, Demokratis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal, pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Sampai saat ini dunia pendidikan di Indonesia dinilai belum mendorong pembangunan karakter bangsa yang disebabkan oleh runtuhnya pendidikan nasional. Sehubungan dengan MIN 3 Tulungagung yang terletak di kawasan pedesaan ini maka banyak pengaruh negatif yang masuk pada diri siswa. Oleh sebab itu harapan dari implementasi pendidikan karakter ini dapat memperoleh hasil yang maksimal yang bertujuan merubah sifat, watak, kepribadian, dan keadaan siswa dalam berbuat dan bertingkah laku. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana guru membentuk karakter disiplin siswa di MIN 3 Tulungagung? (2) Bagaimana guru membentuk karakter jujur siswa di MIN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana guru membentuk karakter demokratis siswa di MIN 3 Tulungagung?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) untuk mendeskripsikan karakter disiplin siswa di MIN 3 Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan karakter jujur siswa di MIN 3 Tulungagung, (3) untuk mendeskripsikan karakter demokratis di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) implementasi pendidikan karakter disiplin yang dilakukan melalui membiasakan hidup tertib di madrasah sesuai dengan tata tertib yang berlaku. Bentuk karakter disiplin meliputi: siswa datang tepat waktu, tidak membolos, berpakain rapi, dan menaati peraturan yang ada di madrasah. (2) karakter jujur adalah sikap dan perilaku yang tidak suka berbohong dan berbuat curang, berkata apa adanya, dan berani mengakui kesalahan. Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan rutin, keteladanan, spontan, serta pengkondisian (3) Implementasi pendidikan karakter demokratis siswa yang dilakukan melalui berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran, melakukan presentasi dan Tanya jawab, membiasakan siswa mengangkat tangan sebelum berpendapat, membiasakan siswa berlatih dan memutuskan hal-hal kecil dengan musyawarah dan diskusi, percaya diri, tanggung jawab, dan menghargai orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143087 EVA OKTA ZULIAN NISAUL ROHMAH
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:23
Last Modified: 29 Jun 2018 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7607

Actions (login required)

View Item View Item