ROFINA RIZQIYATUN NADZIFAH, 1725143259 (2018) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta didik di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek” ini ditulis oleh Rofina Rizqiyatun Nadzifah, NIM. 1725143259, pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Karakter, Religius, Tanggung Jawab, Disiplin Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh persoalan karakter atau penurunan moral pada anak-anak khususnya di Madrasah Ibtidaiyah. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis yang nyata dan mengkhawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga yaitu anak-anak. Krisis itu antara lain berupa maraknya angka kekerasan anak-anak, kebiasaan menyontek, berkata kotor, bersikap tidak sopan kepada orangtua, kebiasaan bullying, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini menjadi perhatian bagi berbagai kalangan. Pendidikan yang berkarakter sangat dibutuhkan dalam sebuah kehidupan bermasyarakat, karena secara tidak langsung juga mencerminkan seberapa baik kualitas seseorang dan bahkan seberapa pandainya seseorang dalam kehidupan sosial masyarakat dan jika mayoritas masyarakat berakhlak mulia maka akan tercipta kehidupan yang sejahtera. Sedangkan tugas guru selain mendidik juga bertanggung jawab membimbing dan dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik agar dapat membentuk peserta didik yang berkarakter. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana model guru dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin peserta didik di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek; 2) Bagaimana implementasi guru dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin peserta didik di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek; 3) Bagaimana hasil guru dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin peserta didik di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek, data peneliti didapatkan dari kepala sekolah, guru kurikulum, guru kelas, dan peserta didik. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: 1) Model guru dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek meliputi model pembiasaan, model keteladanan, dan model pemberian nasihat, Model pembiasaan religius, tanggung jawab, disiplin seperti sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, piket kelas, dan pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), Model keteladanan religius, tanggung jawab, disiplin seperti menceritakan kisah-kisah nabi, guru mengajarkan cuci tangan dengan benar, kerja bakti, upacara bendera. Model pemberian nasihat religius, tanggung jawab, disiplin seperti menasihati tentang pentingnya sholat berjamaah, kerja bakti; 2) Implementasi guru dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek diantaranya: a) Implementasi karakter religius, penerapannya sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah; b) Implementasi karakter tanggung jawab penerapannya piket kelas, menyelesaikan PR (pekerjaan rumah), kerja bakti, serta serta menceritakan kisah-kisah Nabi tentang sifat tanggung jawab yang bisa mereka petik hikmah nya; c) Implementasi karakter disiplin penerapannya upacara bendera, apel pagi dengan membaca asmaul husna, surat-surat pendek, serta membudayakan gerakan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) kepada semua warga sekolah; 3) Hasil guru dalam pembentukan karakter religius dalam bentuk peserta didik di MI Al Huda mampu melaksanakan ibadah sholat dengan baik, membaca doa-doa harian dan memahami pentingnya khusu’ dalam beribadah, sedangkan tanggung jawab bisa dilihat dalam bentuk menjadikan ajaran agama Islam sebagai tuntutan dalam bersikap, mengambil keputusan ,bertutur kata serta melaksnakan tugas dengan baik, sedangkan disiplin salah satu hasilnya yaitu peserta didik di MI Al Huda memiliki sikap dan budi pekerti yang santun. Hasil pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan disiplin di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek tidak lepas dari kerjasama sekolah dengan orang tua dan masyarakat, selain itu agar proses belajar peserta didik berjalan dengan baik diadakan sebuah forum orang tua dan melibatkan orang tua dalam beberapa proses belajar putra-putrinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143259 ROFINA RIZQIYATUN NADZIFAH |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 02:34 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 02:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7705 |
Actions (login required)
View Item |