MARIATUL KARIMAH, 1742143163 (2018) PENERAPAN STRATEGI PUSAT LAYANAN USAHA TERPADU KOPERASI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (PLUT-KUMKM) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (464kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (185kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (419kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Meningkatkan Kualitas Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Mariatul Karimah, NIM. 1742143163, pembimbing Muhamad Aqim Adlan, M.E.I. Penelilitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya para pelaku UMKM di Kabupaten Tulungagung yang mengalami permasalahan dalam meningkatkan kualitas produk UMKM. Guna mengatasi permasalahan tersebut, pendampingan merupakan salah satu program yang efektif untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Sehingga dibutuhkannya peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui PLUT-KUMKM untuk menjawab kebutuhan akan koordinasi, sinkronisasi, dan akselerasi peran pemberdayaan UMKM. Fokus kajian ini diarahkan pada penerapan strategi yang dilakukan PLUT-KUMKM dalam meningkatkan kualitas produk UMKM di Kabupaten Tulungagung, serta mengidentifikasi kendala dan upaya yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun skunder, data ini diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Strategi yang dilakukan PLUT-KUMKM dalam meningkatkan kualitas produk UMKM di Kabupaten Tulungagung melalui layanan konsultan 5 bidang: bidang kelembagaan, bidang SDM, bidang produksi, bidang pembiayaaan, bidang pemasaran, serta mengikuti pelatihan dan pembinaan (2) Kendala yang di hadapi PLUT-KUMKM dalam mengatasi permasalahan pelaku UMKM yaitu: a) kendala internal meliputi kurangnya pengalaman pengelolaan PLUT-KUMKM sesuai dengan fungsinya, belum memahami prosedur perizinan tertentu, kurangnya dukungan anggaran untuk pengembangan program, belum maksimalnya peran rekomendasi pembiayaan oleh PLUT-KUMKM, b) kendala eksternal meliputi belum mengetahui pengurusan izin usaha, keterbatasan pekerja dan keahlian tinggi, keterbatasan peningkatan kualitas produk, keterbatasan distribusi dan pengadaan bahan baku, keterbatasan modal kerja, kesulitan dalam pemasaran (3) Upaya yang dilakukan PLUT-KUMKM dalam mengatasi: a) kendala internal yaitu dengan mengikutkan para pengelola PLUT-KUMKM dipelatihan peningkatan kapasitas SDM, melakukan sosialisasi, mencari informasi dari sumber terkait untuk memahami prosesur perizinan usaha, bermitra dengan pihak bank maupun non bank untuk mendapatkan dukungan anggaran dana, bersinergi dengan lembaga keuangan, b) kendala eksternal yaitu membantu dalam mengurus izin usaha, melakukan pembinaan melalui pelatihan, memperbaiki kualitas produk dengan melakukan pendampingan pelaku UMKM, membantu menyusun rencana bisnis serta menjadi jembatan penghubung antara pelaku UMKM dan pihak bank, memberikan informasi akses pasar dan pameran. Kata Kunci: Strategi, Kualitas Produk, UMKM
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 1742143163 MARIATUL KARIMAH |
Date Deposited: | 26 Apr 2018 06:28 |
Last Modified: | 26 Apr 2018 06:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7713 |
Actions (login required)
View Item |