DUWI KONIATUS SA’ADAH, 1725143064 (2018) PENGARUH PAIKEM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh PAIKEM terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MI Hiidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Duwi Koniatus Sa’adah, NIM 1725143064, Pembimbing Nuryani, S. Ag. M. Pd. I. Kata kunci : PAIKEM, Motivasi, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh PAIKEM terhadap motivasi dan hasil belajar. Kajian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kurang optimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, 2) adakah pengaruh PAIKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, dan 3) adakah pengaruh PAIKEM terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimental yakni eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Hidayatul Mubtadiin. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data : 1) angket, 2) tes, dan 3) dokumen. Instrumen angket untuk mengukur motivasi dan instrumen tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapatkan data, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis, yang digunakan adalah uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh PAIKEM terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 76,3043, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,3000. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,5652, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,0000. Hasil uji MANOVA diperoleh Pillai’s Trace, Wilsks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Dan dari tabel test of between-subject effects menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikan 0,036 < 0,05. Begitu juga dengan hasil belajar yang menunjukkan tingkat signifikan 0,005 < 0,05. Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143064 DUWI KONIATUS SA’ADAH |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 04:26 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7775 |
Actions (login required)
View Item |