UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

RISMA ASMAWI, 1721143349 (2018) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Risma Asmawi, NIM 1721143349 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Zaini, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci : Guru Akidah Akhlak, Kenakalan Siswa Latar belakang penelitian ini karena semakin maraknya berbagai kenakalan di kalangan remaja, khususnya berbagai perilaku menyimpang yang dilakukan di kalangan siswa yang terikat dengan lembaga sekolah. Begitu juga yang terjadi di MTs Darussalam Kademangan Blitar. Jika kita melihat keadaan sekarang ini, dunia pendidikan mengalami kemajuan pesat, tetapi tidak dalam segi moral dan akhlak. Dengan demikian, pendidikan akhlak memiliki peran penting yang seharusnya di utamakan di sekolah. Penelitian ini memiliki fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana bentukbentuk kenakalan siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar ?, 2) Bagaimana Faktor-faktor penyebab kenakalan di MTs Darussalam Kademangan Blitar?, 3) Bagaimana peran guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa, faktor-faktor penyebab kenakalan siswa dan peran guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa. Metode penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif. Dimana dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa: Bentuk-bentuk kenakalan siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar masih tergolong kenakalan ringan seperti terlambat masuk sekolah, seragam/atribut tidak sesuai, potongan rambut tidak rapi/di cat, bertengkar, berkata kasar pada guru, minta uang dengan paksa, pacaran, membawa HP, membolos, merokok. Faktor penyebab kenakalan siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar di antara nya faktor dari dalam diri siswa itu sendiri, dan faktor dari luar seperti keluarga, masyarakat, teman pergaulan, dan media elektronik. Sedangkan peran guru akidah akhlak dalam mengatasi kenakalan siswa di MTs Darussalam Kademangan Blitar antara lain tidak bosan memberi nasehat, memberi hukuman bagi siswa yang nakal, sering melakukan pendekatan dengan siswa, aktif di medsos, dan bekerja sama dengan guru lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143349 RISMA ASMAWI
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:07
Last Modified: 26 Jul 2018 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7794

Actions (login required)

View Item View Item