EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA PULE TRENGGALEK

RIZQI LAILI SAFITRI, 1721143354 (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MTs NURUL HUDA PULE TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektifitas Penggunaan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Pule Trenggalek” ini ditulis oleh Rizqi Laili Safitri, NIM. 1721143354, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing: Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata kunci : Metode Role Playing, pemahaman materi siswa Kondisi saat ini, proses pembelajaran agaknya berlangsung secara kaku dan kurang menyenangkan, diantaranya tuntutan pada siswa untuk menguasai banyaknya materi pembelajaran yang belum tentu menjamin pemahaman pada materi yang mereka kuasai. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan modal dasar bagi siswa untuk dapat mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan ini, tentunya bukan hal mudah bagi guru untuk mewujudkannya. Banyak diantara para guru mengalami kesulitan dan mengalami kendala dalam melaksanakan pembelajaran SKI. Agar proses belajar mengajar yang efektif diperlukan metodemetode pembelajaran yang dapat menjadikan siswa faham terhadap materi pelajaran. Penelitian ini mempunyai fokus penelitian yaitu efektifitas penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan pemahaman konsep materi SKI, efektifitas penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan pemahaman prinsip materi SKI, dan efektifitas penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan pemahaman prosedur materi SKI. Tujuan penelitian ini adalah membantu siswa dalam memperoleh pemahaman konsep, prinsip dan prosedur materi SKI. Artinya dengan menggunakan metode Role Playing siswa mampu memperoleh pemahaman tersebut sesuai yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan mendiskripsikan suatu data yang diperoleh dari penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kemudian tahap-tahap penelitian terdiri dari tahap pra tindakan dan tahap pelaksanaan penelitian (perencanaan, pelaksanaan, evaluasi). Hasil analisis setelah penggunaan metode Role Playing ini terlihat pada observasi pelaksanaan II dimana tingkat pemahaman konsep, prinsip dan prosedur siswa mengalami peningkatan yang diukur dengan Lembar Kerja Siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan pemahaman materi Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas VII-A MTs Nurul Huda Pule Trenggalek dapat berjalan dengan efektif dan dapat diterapkan pada proses pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143354 RIZQI LAILI SAFITRI
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:21
Last Modified: 30 Jul 2018 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7796

Actions (login required)

View Item View Item