PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALLY) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

SITI PURI ANDRIANI, 1724143235 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, AND INTELLECTUALLY) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectually) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Puri Andriani, NIM. 1724143235, pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI, Motivasi, Hasil Belajar, Aritmetika Sosial. Fenomena bahwa kurang maksimalnya proses belajar di kelas, karena model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga peserta didik yang hanya menjadi pendengar lama kelamaan menjadi jenuh, tidak fokus dan pada akhirnya hasil belajar mereka menurun khususnya pada materi aritmetika sosial. Hal ini disebabkan karena siswa sulit memahami materi tersebut. Bentuk soal cerita yang begitu rumit dan sulit dipahami, sehingga siswa menjadi bingung dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Salah satu model pembelajaran yang dipandang dapat mengatasi masalah tersebut ialah model pembelajaran SAVI, karena pembelajaran SAVI merupakan pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indera yang dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectually) terhadap motivasi belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungangung; dan 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intellectually) terhadap hasil belajar siswa pada materi aritmetika sosial kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungangung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ekperimen. Dalam penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan jumlah siswa 361 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, dengan kelas VII K sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII J sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) Angket; 2) Tes; dan 3) Dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pembelajaran SAVI terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dangan rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 112,56 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 106,82 Hasil uji statistik diperoleh t hitung sebesar 2,123 dengan taraf signifikansi 0,05. Sedangkan, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 70,42 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 56,36. Hasil uji statistik diperoleh t hitung sebesar 2,831 dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143235 SITI PURI ANDRIANI
Date Deposited: 13 Jul 2018 04:03
Last Modified: 13 Jul 2018 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7804

Actions (login required)

View Item View Item