PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MI ARRAHMAH PAPAR KEDIRI

DEWI AIMMATUR ROSIDAH, 1725143059 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MI ARRAHMAH PAPAR KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI MI Arrahmah Papar Kediri” ini ditulis oleh Dewi Aimmatur Rosidah, NIM. 1725143059, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung Tahun 2018, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata Kunci : Motivasi belajar, minat belajar, hasil belajar Mutu pendidikan dapat diketahui salah satunya melalui hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya motivasi belajar dan minat belajar. Siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi akan memengaruhi nilai hasil belajar yang tinggi. Begitu pula siswa yang mempunyai minat terhadap setiap pelajaran yang dipelajari akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhada hasil belajar siswa serta tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Arrahmah Papar Kediri. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI MI Arrahmah Papar Kediri yang berjumlah 47 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total sejumlah 47 siswa tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk hasil belajar dan angket tertutup dengan skala likert 4 untuk motivasi belajar serta minat belajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,830 > 2,015 dan korelasi keduanya sebesar (0,496) atau sedang. Besar sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,6%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh diperoleh thitung > ttabel (2,447 > 2,015) dan korelasi keduanya dalam kategori rendah (0,343). Besar sumbangan minat belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 11,7%; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar dengan hasil penelitian diperoleh Fhitung > Ftabel (10,151 > 3,209) dan korelasi ganda dalam kategori sedang (0,562). Besar sumbangan motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 31,6%. Saran peneliti adalah guru hendaknya meningkatkan minatbelajar siswa dengan pembelajaran yang lebih variatif dan membantu menghadapi kesulitan belajar siswa seperti memberikan dorongan saat siswa dapat hasil belajar rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143059 DEWI AIMMATUR ROSIDAH
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:53
Last Modified: 07 Aug 2018 02:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7811

Actions (login required)

View Item View Item