PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMKN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

EMILIANA SRI ENDAH RAHAYU, 1724143089 (2018) PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP ANTARA MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMKN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (171kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Kemandirian Belajar dan Pemahaman Konsep Antara Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project dengan Pendidikan Matematika Realistik dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Barisan dan Deret di SMKN 1 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Emiliana Sri Endah Rahayu, NIM. 1724143089, Pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep, MMP, PMR, PBL. Fenomena siswa mengenai model pembelajaran yang masih konvensional yang menjadikan siswa kurang mandiri dan aktif, sehingga menjadikan kemandirian belajar dan pemahaman konsep siswa rendah. Dalam penelitian ini, peneliti membandingkan kemandirian belajar dan pemahaman konsep antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018. 2) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018. 3) untuk mengetahui perbedaan kemandirian belajar dan pemahaman konsep antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Eksperimen Semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Bandung yang berjumlah 720 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Sampling Purposive, dengan kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AKL 2 sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan kemandirian belajar antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. 2) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan nilai signifikansi 0,013 < 0,05. 3) terdapat perbedaan kemandirian belajar dan pemahaman konsep antara model pembelajaran missouri mathematic project dengan pendidikan matematika realistik dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi barisan dan deret di SMKN 1 Bandung tahun ajaran 2017/2018 berdasarkan nilai signifikansi 0,005 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143089 EMILIANA SRI ENDAH RAHAYU
Date Deposited: 04 Jun 2018 06:18
Last Modified: 04 Jun 2018 06:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7844

Actions (login required)

View Item View Item