SAIDAH ZUHAIRINI, 1721143361 (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PESANTREN TERHADAP PEMAHAMAN MAPEL AKIDAH AKHLAK PADA KELAS X DI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (681kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Pesantren Terhadap Pemahaman Mapel Akidah Akhlak pada Kelas X di MAN 2 Jombang”, ini ditulis oleh Saidah Zuhairini, NIM. 1721143361. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 19691206 199903 1003. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Pesantren, Pemahaman Mapel Akidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode pembelajaran pesantren pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat mempengaruhi pemahaman siswa terhadap mapel Akidah Akhlak. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode pembelajaran pesantren terhadap pemahaman mapel Akidah Akhlak siswa kelas X di MAN 2 Jombang Rumusan Masalah: (1)Adakah pengaruh metode Sorogan terhadap pemahaman mapel Akidah Akhlak pada kelas X di MAN 2 Jombang? (2)Adakah pengaruh metode Musyawarah terhadap pemahaman mapel Akidah Akhlak pada kelas X di MAN 2 Jombang? (3)Adakah pengaruh metode Bahtsul Massa’il terhadap pemahaman mapel Akidah Akhlak pada kelas X di MAN 2 Jombang? (4)Adakah pengaruh secara bersama-sama antara metode sorogan, metode musyawarah, dan metode Bahstul Massa’il terhadap pemahaman mapel Akidah Akhlak pada kelas X di MAN 2 Jombang? Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas X di MAN 2 Jombang, yang terdiri dari 270 siswa. Dengan tekhnik probability sampling simple random sampling diperoleh 35 siswa. Variabel bebas. Metode Pembelajaran Pesantren, variabel terikat Pemahaman Mapel Akidah Akhlak sumber data: Responden dan Dokumen. Tekhnik pengumpulan data: angket, wawancara, teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, regresi berganda dengan bantuan SPSS For Windows 16.0 . Hasil penelitian: (1)output Regresi Berganda didapat nilai Sig. untuk metode sorogan sebesar 0,058 (p>0,05) jadi, tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode sorogan terhadap pemahaman Akidah Akhlak pada siswa kelas X di MAN 2 Jombang, (2)output Regresi Berganda didapat nilai Sig. untuk metode musyawarah sebesar 0,041 (p<0,05) jadi, hipotesis diterima, artinya variabel musyawarah berpengaruh signifikan terhadap pemahaman Akidah Akhlak, (3) output Regresi Berganda didapat nilai Sig. untuk metode Bahtsul Massa’il sebesar 0,048 (p<0,05) jadi,Haditerima, artinya variabel Bahtsul Massa’il berpengaruh signifikan terhadap pemahamanAkidah Akhlak, (4)Berdasarkan hasil uji Regresi diperoleh Fhitung sebesar 4.590. Menunjukkan Fhitung (4.590) > Ftabel (2,91). Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan simultan dari keseluruhan Metode terhadap pemahaman mapel Akidah Akhlak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143361 SAIDAH ZUHAIRINI |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 02:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2018 02:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7845 |
Actions (login required)
View Item |