Ratnasari, Renni Eka (2014) Pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MA unggulan Bandung Tulungagung tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
12. Abstrak (B.Indo-B.Inggris).pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (666kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: pendekatan RME, Hasil belajar matematika. Anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik bagi siswa akan berpengaruh buruk terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, dalam pelaksanaan proses pembelajaran diperlukan langkah-langkah yang menarik dan dapat memicu siswa untuk ikut serta aktif dalam kegiatan belajar mengajar yaitu model pembelajaran aktif. Peserta didik dituntut sebagai subyek yang sekaligus objek dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang ada adalah Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MA unggulan Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Unggulan Bandung tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 174 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan menggunakan teknik pengambilan tipe jenuh. Sehingga sampel yang digunakan adalah siswa kelas X A dan X B dengan jumlah siswa 48 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan post test, dokumentasi serta observasi. Post tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa MA Unggulan Bandung yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan teknik dokumentasi dan observasi digunakan untuk memperoleh data mengenai keadaan pembelajaran matematika di sekolah, jumlah guru, karyawan dan siswa, tata letak bangunan sekolah serta foto-foto penelitian. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus t-test. Sebelum menguji dengan T-test terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Setelah data dianalisis dapat dikatakan bahwa tidak ada pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X MA unggulan Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung= 4,67 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel = 2,021 pada taraf signifikansi 5%, Dengan demikian thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar materi dimensi tiga siswa kelas X MA Unggulan Bandung Tahun Ajaran 2013/2014”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 26 Jan 2015 03:46 |
Last Modified: | 26 Jan 2015 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/786 |
Actions (login required)
View Item |