IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 1 PARE KEDIRI

TRIA NURLAILI, 1725143285 (2018) IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 1 PARE KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (305kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kesulitan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare Kediri” ini ditulis oleh Tria Nurlaili, NIM. 1725143285, Pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata kunci: layanan BK, kesulitan membaca menulis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang berkesulitan belajar terutama membaca dan menulis membutuhkan bimbingan yang khusus agar siswa dapat mengatasi hambatan yang dihadapinya. Bentuk bimbingan khusus dapat berupa layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan oleh guru kepada siswa. Dalam hal ini peneliti mengaitkan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Pare? (2) Bagaimana kriteria kesulitan membaca dan menulis siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare? (3) Bagaimana solusi implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulissiswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare?. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare Kediri. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, guru kelas, guru pendamping kelas 1 A dan wakil kepala sekolah sebagai informan pendukung.Subjek penelitian siswa kelas 1 kesulitan membaca dan menulis. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu:derajat kepercayaan (credibility) uji kredibilitas data atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian kualitatif antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan member check; keteralihan (transferability) menunjukkan derajat ketepatan atau dapat diterapkannya hasil penelitian dapat digunakan dalam konteks atau sosial tertentu; kebergantungan (depenability) uji depenability dilakukan dengan melakukan audit terhadap keseluruhan proses penelitian; dan kepastian (confrimability) uji kepastian atau objektivitas ini supaya tidak menekankan pada orangnya, melainkan harus menekankan pada datanya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Guru memberikan layanan individu dan bimbingan kelompok. (2) Kriteria kesulitan membaca yaitu belum hafal huruf, bingung huruf, lupa huruf, huruf terbalik, mengidentifikasi huruf mati, menebak huruf, dan kurang konsentrasi. Kriteria kesulitan menulis yaitu ketidakkonsistenan bentuk huruf, saat menulis penggunaan huruf besar dan kecil masih tercampur, ukuran dan bentuk huruf dalam tulisan tidak proporsional, tetap kesulitan walaupun hanya menyalin tulisan, ketiadaan jarak tulisan antar kata, pembalikan huruf, penambahan huruf, dan kehilangan huruf. Faktor penyebab yang terdapat dalam diri anak meliputi: faktor fisik dari anak itu sendiri seperti gangguan pada syaraf mata anak, motivasi dan semangat untuk belajar anak, usia yang belum mencukupi ketika anak memasuki sekolah, kemandirian siswadan tidak adanya kemauan pada siswa untuk belajar membaca dan menulis.Faktor penyebab yang terdapat luar diri anak meliputi cara didikan orang tua ketika berada dirumah, kurang perhatian dan kurang tlaten dalam membimbing anaknya membaca dan menulis, orang tua yang kurang melatih anaknya membaca dan menulis, ketiadaan kerjasama orangtua dengan pihak sekolah, kurangnya waktu guru dalam memberikan bimbingan membaca dan menulis pada siswa. (3) Solusi yaitu: diadakan pertemuan antara wali murid dengan pihak sekolah, orang tua harus meluangkan waktunya untuk membimbing anaknya membaca dan menulisnya ketika dirumah, memberikan motivasi kepada anak agar semangat dalam belajar membaca dan menulis, dan memberikan media pembelajaran membaca dan menulis yang menarik. Skripsi ini bermanfaat bagi kepala sekolahMadrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare, sebagai masukan dan memberikan kontribusi bagi kajian layananbimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis, bagi guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah1 Pare sebagai bahan referensi untuk meningkatkan peran sertanya dalam rangka peningkatan perkembangan potensi peserta didik secara optimal melalui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 1 Pare sebagai gambaran tentang implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis. Bagi penelitian lain sebagai bahan kajian penelitian dan masukan dalam rangka sosialisasi perlunya bimbingan dan konseling di sekolah dasar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143285 TRIA NURLAILI
Date Deposited: 20 Jul 2018 08:14
Last Modified: 20 Jul 2018 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item View Item