HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG

SITI ROAZAH, 1725143278 (2018) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SDI AL-HAKIM BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi Media Pembelajaran dan Keterampilan Menjelaskan dengan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Roazah, NIM 1725143278, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Anin Nurhayati, M.Pd.I Kata Kunci: Keterampilan Mengadakan Variasi Media Pembelajaran, Keterampilan Menjelaskan, Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi bahwasanya Keterampilan mengajar guru merupakan suatu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Karena salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar proses pembelajaran dikelas dapat menumbuhkan gairah belajar siswa adalah dengan menggunakan keterampilan mengajar. Dalam sebuah proses pendidikan, guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting, selain komponen lainnya seperti tujuan, kurikulum, sarana prasarana, lingkungan, dan evaluasi. Dianggap sebagai komponen yang paling penting karena yang mampu memahami, mendalami, melaksanakan dan akhirnya mencapai tujuan pendidikan adalah guru. dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah keterampilan mengadakadan variasi media pembelajaran dan keterampilan menjelaskan dengan minat belajar bahasa arab siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada hubungan yang signifikan antara keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran dengan minat belajar bahasa arab siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (2) Apakah ada hubungan yang signifikan antara keterampilan menjelaskan dengan minat belajar bahasa arab siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung? (3) Apakah ada hubungan secara simultan dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran dan keterampilan menjelaskan dengan minat belajar bahasa arab siswa SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada hubungan yang signifikan atau tidak keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran dengan minat belajar bahasa arab siswa (2) Untuk mengetahui ada hubungan yang signifikan atau tidak keterampilan menjelaskan dengan minat belajar bahasa arab siswa (3) Untuk mengetahui ada hubungan secara simultan dan signifikan atau tidaknya keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran dan keterampilan menjelaskan dengan minat belajar bahasa arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV,V,VI SDI Al-Hakim Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 98 siswa. Selanjutnya sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa sebagai responden. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket/kuesioner dengan sejumlah instrumen pernyataan yang telah dipersiapkan. Validasi instrumen menggunakan jugment expert dan selanjutnya di uji dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan teknik analisis korelasi alpha crombach dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil reliabilitas menunjukan reliabilitas sebesar 0,818 untuk keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran, 0,506 untuk keterampilan menjelaskan, dan 0,800 untuk minat belajar bahasa arab. Teknik analisis data dalam pengujian hipotesis adalah dengan menggunakan korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran dengan minat belajar siswa, yaitu diperoleh nilai koefisien korelasi adalah 0,748 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05, maka Hₒ ditolah, berarti Hₐ diterima, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan menjelaskan dengan minat belajar siswa, yaitu diperoleh nilai koefisien korelasi adalah 0,893 dengan nilai signifikansi 0,000. Karena signifikansi < 0,05, maka Hₒ ditolah, berarti Hₐ diterima, (3) terdapat hubungan secara simultan dan signifikan antara keterampilan mengadakan variasi media pembelajaran dan keterampilan menjelaskan dengan minat belajar bahasa arab, yaitu sebesar 0,893, dengan nilai sig. F change adalah 0,000. Berdasarkan tabel model summary diperoleh nilai probabilitas (sig.F change) = 0,000. Karena nilai sig.F change 0,000 < 0,05, maka keputusannya adalah Hₒ ditolak dan Hₐ diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143278 SITI ROAZAH
Date Deposited: 26 Jul 2018 08:05
Last Modified: 26 Jul 2018 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item View Item