ZENIA KIRANA PUTRI, 1721143429 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (322kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek”, ini ditulis oleh Zenia Kirana Putri, NIM 1721143429, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Media pembelajaran, hasil belajar siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien atau hasil yang maksimal, kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan media pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik, dan penggunaan media pembelajaran masih sering terabaiakan dengan berbagai alasan. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa pada pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek? (2) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran gambar terhadap hasil belajar siswa pada pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek? (3) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa pada pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek? Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah SMAN 2 Trenggalek penelitian ini bisa dipergunakan untuk memberikan sumbangan yang baik bagi sekolah dalam rangka perbaikan proses pembelajaran yang kreatif. Bagi siswa SMAN 2 Trenggalek untuk mempermudah proses pembelajaran dengan media pembelajaran berupa video, gambar, power point dan berpengaruh pada hasil belajar siswa SMAN 2 Trenggalek. Bagi guru Pendidikan Agama Islam sebagai alternatif bagi guru untuk memilih media pembelajaran yang variatif, sehingga siswa tidak bosan dalam belajar, dan dengan penggunaan media pembelajaran ini, diharapkan guru dapat mengetahui kemampuan masing-masing peserta didik. Bagi peneliti sebagai sarana belajar dan mengembangkan potensi yang didapat di bangku perkuliahan kedalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui kondisi lingkungan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek, untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video, gambar, dan power point pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek, dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaranterhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket untuk mengukur penggunaan media pembelajaran, dan dokumentasi digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Setelah dilaksanakan pengujian menggunakan regresi linier sederhana hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek yang ditunjukkan dari -thitung > -ttabel (-2,205>-2,017). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan media pembelajaran video adalah 0,033 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,033 (0,033<0,05). Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek yang ditunjukkan dari -thitung > -ttabel (-2,217>-2,017). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan media pembelajaran gambar adalah 0,032 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,032 (0,032<0,05). Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (2,396>2,017). Nilai signifikansi t untuk variabel penerapan model diskusi pemahaman teks adalah 0,021 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,021 (0,021<0,05). Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143429 ZENIA KIRANA PUTRI |
Date Deposited: | 24 Aug 2018 08:03 |
Last Modified: | 24 Aug 2018 08:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7897 |
Actions (login required)
View Item |