PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR

PUTRI AYUNING ASHARI, 1725143236 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTUN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Kartun terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik di MIN 2 Blitar”. Ditulis oleh Putri Ayuning Ashari, NIM. 1725143236. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Media Kartun, Minat Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa penyajian materi yang monoton dan tanpa adanya variasi media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia membuat peserta didik lebih cepat jenuh dalam belajar. Keadaan ini menyebabkan peserta didik menjadi pasif sehingga berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) adakah pengaruh penggunaan media kartun terhadap minat belajar Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 2 Blitar? (2) adakah pengaruh penggunaan media kartun terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 2 Blitar? (3) adakah pengaruh penggunaan media kartun terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 2 Blitar?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media kartun terhadap minat belajar Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 2 Blitar. (2) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media kartun terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 2 Blitar. (3) untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media kartun terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik dari kelas I hingga kelas VI. Sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V-A (kelas eksperimen) dan kelas V-B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: angket, tes, dan dokumentasi. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis data adalah: mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah yaitu dengan menggunakan uji Kalmogorov-Smirnov dan uji Homogenitas of Variances, dan terakhir melakukan perhitungan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan dengan uji T. Hasil penelitian skripsi ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan antara media kartun terhadap minat belajar Bahasa Indonesia yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (7.656 > 2.0003) dan nilai signifikansi t untuk variabel angket adalah sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). (2) ada pengaruh yang signifikan antara media kartun terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (3.982 > 2.0003) untuk variabel tes. Nilai signifikansi t untuk variabel tes adalah sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05). (3) ada pengaruh yang signifikan antara media kartun terhadap minat dan hasil belajar Bahasa Indonesia yang dibuktikan dari nilai thitung > ttabel (7.656 > 2.0003) untuk variabel angket, sedangkan untuk variabel tes (3.982 > 2.0003). Nilai signifikansi t untuk variabel angket dan tes adalah sama-sama sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143236 PUTRI AYUNING ASHARI
Date Deposited: 04 Jul 2018 03:03
Last Modified: 04 Jul 2018 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7910

Actions (login required)

View Item View Item