PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEPRIBADIAN NEUROSIS PADA PEMBELAJARAN PRAMUKA DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK

TITIN LESTARI, 1725143283 (2018) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKEPRIBADIAN NEUROSIS PADA PEMBELAJARAN PRAMUKA DI MI AL HUDA REJOWINANGUN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Titin Lestari, 1725143283, 2018. Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berkepribadian Neurosis Pada Pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Zaini, S.Ag., M.PdI. Kata Kunci: Model Contextual Teaching And Learning, Motivasi Belajar Siswa Berkepribadian Neurosis. Latar belakang penelitian ini adalah fakta yang menyatakan bahwa masih rendahnya motivasi belajar siswa berkepribadian neurosis pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Hal tersebut disebabkan karena guru tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan dan menerima pembelajaran dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang mengutamakan pemahaman siswa adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian neurosis pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek”. Yang kemudian dijabarkan menjadi 2 sub 1) Adakah pengaruh model CTL terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian anxiety neurosis pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? 2) Adakah pengaruh model CTL terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian neurosis obsesif kompulsif pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian neurosis pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Dalam hal ini adalah 1) Pengaruh model CTL terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian anxiety neurosis pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. 2) Pengaruh model CTL terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian neurosis obsesif kompulsif pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah model Contextual Teaching and Learning, sedangkan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar siswa bekepribadian neurosis. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa, sekaligus menjadi kelompok eksperimen yang terbagi atas 9 siswa berkepribadian neurosis anxiety dan 6 siswa berkepribadian neurosis obsesif kompulsif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa berkepribadian neurosis pada pembelajaran Pramuka di MI Al Huda Rejowinangun Trenggalek. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata test yang diperoleh melalui perhitungan manual sebesar 78,88 untuk siswa berkepribadian anxiety neurosis, sedangkan siswa berkepribadian neurosis obsesif kompulsif memperoleh nilai rata-rata 71,66.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143283 TITIN LESTARI
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:27
Last Modified: 16 Jul 2018 07:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7919

Actions (login required)

View Item View Item