PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

NURYANA IRA RANTI, 2811133211 (2018) PENGGUNAAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Nuryana Ira Ranti, NIM. 2811133211, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. H.Nur Efendi, M.Ag., Nip. 19650120 199803 1 002 Kata Kunci : Bahan Ajar, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skripsi ini mengkaji tentang bahan ajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Keberhasilan guru dalam menjalankan tugasnya bisa mempengaruhi dalam proses pembelajaran dikelas. Oleh sebab itu, guru hendaknya harus menyiapkan diri dalam menyajikan bahan ajar, menentukan kegiatan yang akan dilakukan bersama para siswanya, mampu meningkatkan keterampilan khusus tersebut, sebagai sarana penunjang pembelajaran agar mencapai tujuan yang hendak diinginkan. Dengan demikian, peranan bahan ajar sebagai salah satu komponen pembelajaran sangat penting dalam usaha meningkatkan hasil belajar. Fokus masalah dalam penelitianini, 1). Bagaimana penggunaan bahan ajar power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? 2). Bagaimana penggunaan bahan ajar lembar kerja siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana penggunaan bahan ajar buku paket dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Bandung Tulungagung tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini ditinjau dari segi sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan keikutsertaaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: bahwa bahan ajar dimanfaatakan untuk menentukan keberhasilan proses belajar dan pembelajaran melalui sebuah bahan ajar. Bahan ajar yang disusun secara sistematis memungkinkan siswa dapat belajar secara mandiri dan dirancang sesuai kurikulum yang berlaku. Dengan adanya bahan ajar, guru akan lebih runtut dalam mengajarkan materi kepada siswa dan tercapai semua kompetensi yang telah ditentukan sebelumnya. Guru Pendidikan Agama Islam menggunakan media power point sebagai sarana penunjang pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bahan ajar LKS dimanfaatkan untuk: 1) Mengarahkan siswa agar dapat menemukan konsep-konsep yang ada dalam materi, untuk mengembangkan keterampilan proses, mengembangkan sikap ilmiah serta membangkitkan minat siswa terhadap proses pembelajaran 2) Mengaktifkan siswa dalam proses belajar, seperti kegiatan berdiskusi ketika proses pembelajaran 3) Melatih siswa untuk diberikan serangkaian tugas atau aktivitas lain diluar proses pembelajaran yakni dirumah, seperti pekerjaan rumah. Lembar kerja (LKS) juga sering digunakan untuk memotivasi siswa ketika sedang melakukan tugas latihan. Bahan ajar buku bertujuan untuk 1) Memudahkan dalam menyampaikan materi pembelajaran, 2) Menjadi pegangan guru dalam menentukan metode pengajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811133211 NURYANA IRA RANTI
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:30
Last Modified: 07 Aug 2018 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7947

Actions (login required)

View Item View Item