PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

BAHRIAH NUR MUSLIMAH, 1721143084 (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bahriah Nur Muslimah. 2018, “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”, NIM: 1721143084. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Lukluk Nur Mufidah, M. PdI. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosi dalam mencapai puncak prestasi dan membentuk motivasi belajar seseorang, motivasi belajar adalah dorongan diri setiap siswa untuk menambah semangat belajar sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal. Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa salah satunya yaitu kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (pengaturan diri) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. 2. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (empati) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. 3. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (keterampilan sosial) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Akidah Akhlaq di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. 4. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional (pengaturan diri, empati, dan keterampilan sosial) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di MAN 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian ex-postfacto. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dari seluruh siswa kelas XI MAN 1 Tulungagung yang berjumlah 338 siswa. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, lalu untuk analisis dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji prasyarat analisis data (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas), uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji t dan uji F) Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dalam pengaturan diri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai thitung = 6,052 > 2,012 = ttabel dan nilai taraf sig = 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dalam empati terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai thitung = 2,065 > 2,012 = ttabel dan nilai taraf sig = 0,044 < 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dalam keterampilan sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai thitung = 2,280 > 2,012 = ttabel dan nilai taraf sig = 0,027 < 0,05. 4) Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional (pengaturan diri, empati, dan keterampilan sosial) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil perhitungan dengan SPSS 23, tampak nilai Fhitung = 11,782> 2,80 = Ftabel dan nilai taraf sig = 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143084 Bahriah Nur Muslimah
Date Deposited: 28 May 2018 06:52
Last Modified: 28 May 2018 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item