EFEKTIFITAS DZIKIR ISM ADZ-DZAT UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS 1A BLITAR

NOFIANA WULANSARI, 1733143072 (2018) EFEKTIFITAS DZIKIR ISM ADZ-DZAT UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI REMAJA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS 1A BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Efektivitas dzikir Ism adz-Dzat untuk meningkatkan regulasi diri remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1A Blitar” Kata kunci: Dzikir Ism adz-Dzat, Regulasi diri, Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1A Blitar Kekerasan sering terjadi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas IA Blitar, seperti pemukulan, pengeroyokan dan tindakan membakar salah satu anggota tubuh narapidana lain. Kekerasan ini sering terjadi ketika ada narapidana baru yang masuk ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1A Blitar, namun tidak menutup kemungkinan narapidana yang lamapun mengalami kekerasan. Selain itu kesalahpahaman merupakan konflik yang sering muncul. Kesalahpahaman ini berawal dari beberapa pemikiran-pemikiran narapidana yang negatif terhadap lingkungan. Berdasarkan hal ini, penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena tersebut. Sehingga peneliti menghubungkan dzikir Ism adz-Dzat dengan regulasi diri untuk penelitian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1A Blitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh dzikir Ism adz-Dzat dalam peningkatan regulasi diri remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Blitar? (2) Berapakah besar kontribusi dzikir Ism adz-Dzat terhadap peningkatan regulasi diri remaja binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Blitar? (3) Berapakah selisih score kelompok eksperimen yang diberikan terapi dzikir Ism adz-Dzat dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan terapi dzikir Ism adz-Dzat di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Blitar?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah efektif dzikir Ism adz-Dzat untuk meningkatkan regulasi diri remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain dua kelompok jenis non-randomized pretest-posttest control group design. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 80 orang dari wisma bougenvile. Teknik pengambilan sampel dengan penyebaran kuesioner regulasi diri dan setelahnya diseleksi berdasarkan kriteria pengambilan sampel, serta menggunakan pula teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang didapatkan dari hasil seleksi adalah 10 orang sampel. Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda Wilcoxon signed ranks test kelompok eksperimen pretest dan posttest, uji prosentase kontribusi dengan regresi linier sederhana dzikir Ism adz-Dzat untuk pretest dan posttest kelompok eksperimen, dan uji beda score pretest dan posttest dengan Mann withney u test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada uji analisis data ini peneliti menggunakan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 22.0 for windows dan SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 20.0 for windows. Hasil hitung berdasarkan uji beda dengan Wilcoxon signed ranks test yang diperoleh nilai asymp.sig sebesar 0,043< 0,05, artinya ada perbedaan antara terapi dzikir Ism adz-Dzat untuk pretest dan posttest. Uji kontribusi dengan regeresi linier sedrehana diperoleh nilai asymp.sig sebesar 0,49 atau 49%, artinya terdapat sumbangan efektif dzikir Ism adz-Dzat sebesar 49% dan 51% dipengaruhi oleh faktor di luar penelitian. Sedangkan uji beda dengan Mann withney u test diperoleh nilai asymp.sig sebesar 0,01 < 0,05, artinya ada perbedaan terhadap pemberian terapi dzikir Ism adz-Dzat untuk pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dzikir Ism adz-Dzat memiliki pengaruh dalam peningkatan regulasi diri remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1A Blitar; dzikir Ism adz-Dzat memberikan kontribusi 49% untuk meningkatkan regulasi diri remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas 1A Blitar; terdapat selisih score untuk kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, yaitu kelompok eksperimen memperoleh score yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143072 NOFIANA WULANSARI
Date Deposited: 22 May 2018 03:14
Last Modified: 22 May 2018 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7957

Actions (login required)

View Item View Item