Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Min 6 Tulungagung

Alvin Widya Lestari, 1725143016 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Di Min 6 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Daftar Isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (448kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (701kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
10. Daftar Rujukan.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung” yang ditulis oleh Alvin Widya Lestari, NIM. 1725143016, skripsi jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi pentingnya pelajaran Aqidah Akhlak untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia. Mengingat pentingnya pelajaran aqidah akhlak disekolah, guru diharapkan mampu mengajarkan materi aqidah akhlak dengan baik. Agar siswa menjadi paham dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terkait dengan hal tersebut, model pembelajaran CTL dianggap sesuai apabila diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak. Karena dalam pembelajaran CTL siswa harus bisa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata. Dalam hal ini peneliti akan melihat Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa di MIN 6 Tulungagung. Dalam penelitian yang berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung, permasalahan yang dikaji adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model CTL terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung ? (2) Apakah ada interaksi pengaruh pembelajaran CTL terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan eksperimen semu atau quasi-experimental. Subjek penelitian ini adalah siwa-siswi kelas IV MI Negeri 6 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Mengumpulkan Dokumen (dokumentasi), angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Tests of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,031 < 0,05. (2) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Tests of Between-Subjects Effect menunjukkan nilai motivasi siswa mempunyai tingkat signifikansi 0,004 < 0,05. (3) ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan Uji MANOVA dari tabel Multivariate diperoleh dari Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root signifikansi 0,007 dimana Sig. 0,007 <0,05. Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MIN 6 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143016 Alvin Widya Lestari
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:17
Last Modified: 08 Aug 2018 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/7977

Actions (login required)

View Item View Item