MUJAHIDIN, - (2014) STRATEGI PEMASARAN DAN DIVERSIFIKASI PRODUKSI JAMUR TIRAM PUTIH “UMI MUSHROOM FARM” DUSUN BARUKLINTING DESA BARUHARJO DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM. [ Skripsi ]
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-1-halaman-n.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-2-babi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-3-babii.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-4-babiii.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-5-babiv.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-6-babv.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
iain-ta-st-mujahidin-312-7-daftarp-a.pdf Download (53kB) | Preview |
Abstract
Suatu bisnis agar dapat berkembang dengan baik tentunya dibutuhkan suatu startegi khusus untuk mengembangkannya. Produksi jamur tiram “Umi Mushroom Farm” dalam penelitian ini merupakan salah satu upaya budi daya dan produksi jamur tiram yang dilakukan oleh salah satu masyarakat di desa Baruharjo, Durenan Trenggalek. Dalam mengembangkan usahanya “Umi Mushroom Fram” telah melakukan strategi tertentu. Mulai dari strategi pemasaran hingga sebuah inisiatif dengan melakukan diversifikasi produk dari jamur tiram guna mengembangkan bisnisnya. Oleh karena itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui strategi pemasaran serta diversifikasi produksi seperti apa yang telah dilakukan “Umi Mushroom Farm” tersebut ditinjau dari segi etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk penelitian studi lapangan yang bertujuan untuk mengetahui tentang startegi yang dilakukan dalam rangka mengembangkan produksi jamur tiram putih “Umi Mushroom Farm” untuk ditinjau dari segi etika bisnis Islam. Dalam proses pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memfokuskan kajiannya pada startegi pemasaran yang dilakukan serta strategi dengan diversifikasi produksi jamur tiram untuk memasarkan produknya yang ditinjau dari etika bisnis Islam. Sedangkan data diambil dengan menggunakan metode wawancara dengan pemilik usaha jamur tiram putih “Umi Mushroom Farm”, observasi dan dokumentasi di lingkungan produksi jamur tiram tersebut, selanjutnya data diolah dan dipilah-pilah untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh “Umi Mushroom Farm” tidak menyalahi etika dalam islam. Begitupun dengan diversifikasi produksi yang dilakukan, semua yang diproduksi adalah barang yang halal. Proses produksi mulai dari pemilihan bahan baku, pengolahan, pengemasan, penetapan harga dan pemasarannya dilakukan dengan baik dan tidak menyalahi etika. Pengusaha jamur tiram sangat menjaga kualitas produk, sehingga usaha tersebut dapat bertahan, bahkan berkembang hingga sekarang. Setelah mengetahui kesimpulan dalam penelitian ini, maka peneliti memberikan saran-saran antara lain: pertama, hendaknya promosi terhadap produk jamur tiram “Umi Mushroom Farm” juga dilakukan melalui media internet, karena promosi melalui media internet akan memungkinkan informasi tentang produk jamur tiram “Umi Mashroom Farm” akan lebih banyak diketahui oleh masyarakat luas. Kedua, agar pemilik usaha jamur tiram “Umi Mashroom Farm” tetap mempertahan kualitas dan proses produksi yang telah sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, bahkan lebih meningkatkannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Bisnis Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2014 03:49 |
Last Modified: | 26 Sep 2014 03:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8 |
Actions (login required)
View Item |