IKA FAJAR ANDRIASARI, 1725143122 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (956kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (106kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tulungagung”, ini ditulis oleh Ika Fajar Andriasari dibimbing oleh Drs. H. Jani, MM, M.Pd Kata Kunci: Strategi Guru, Kesadaran Beribadah Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pihak madrasah berusaha menanamkan nilai-nilai keislaman melalui kesadaran untuk beribadah dengan memberikan pembiasaan membaca Asmaul Husna sebelum memulai pembelajaran dan shalat dhuha berjamaah sesuai jadwal yang ditentukan di madrasah. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan upaya dalam program pelaksanaan kesadaran beribadah di madrasah dapat terlaksana dengan baik yaitu dengan menerapkan shalat berjamaah, dengan membagi peserta didik yang berjamaah sesuai dengan jadwal yang di tentukan, sholat berjamaah dapat di laksanakan. Kebanyakan peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)4 Tulungagung berasal dari daerah-daerah yang jauh dari lokasi madrasah, sehingga dengan adanya program ini peserta didik dapat sholat dhuhur tepat waktu tanpa khawatir kehilangan waktu shalat Dhuhur. Sebab meski mereka jauh dari madrasah, tetapi sebagian besar peserta didik madrasah dengan nduduk (pulang pergi) setiap hari. Selain itu juga pada sebelum hari raya idul fitri tepatnya pada bulan ramadhan diwajibkan zakat fitrah. Selanjutnya pada hari raya idul adha diadakan kurban yang disaksikan dan dilakukan oleh peserta didik dalam proses penyembelihan hewan kurban. Itulah bentuk-bentuk aktualisasi dalam menumbuhkan kesadaran yang dilakukan guru dan sekaligus menjadi alasan peneliti melakukan penelitian di lokasi tersebut. Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tulungagung? 2) Bagaimana faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MIN 4 Tulungagung? 3) Bagaimana hambatan dan solusi strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tulungagung: a) Mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang ibadah melalui kegiatan keagamaan, dan pengarahan ataupun nasihat. b) Mengingatkan para siswa untuk mengikuti shalat, terutama shalat dhuhur berjamaah yang memungkinkan untuk dilaksanakan di madrasah melalui pengadaan kartu shalat. c) Kegiatan membaca Al-Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran dimulai dan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar untuk meningkatkan ketaatan ibadah siswa. Pembiasaan pembiasaan praktik keagamaan tersebut mampu meningkatkan siswa kesadaran beribadah pada siswa baik di madrasah maupun di luar madrasah. d) Bulan ramadhan diwajibkan zakat fitrah dan hari raya idul adha diadakan kurban yang disaksikan dan dilakukan oleh siswa dalam proses penyembelihan hewan kurban. 2)Faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MIN 4 Tulungagung adalah: a) Program Madrasah, Faktor pendukung dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah keputusan yang diambil oleh pihak madrasah, yang mana keputusan ada karena kebijakan dari kepala madrasah, b) Orang Tua, Faktor pendukung dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah orang tua sendiri, bisa diajak kerjasama menyeimbangkan kebiasaan selama di madrasah juga dilakukan siswa di rumah, sehingga ada kerjasama yang baik yang pada akhirnya kesadaran beribadah siswa bisa membaik, c Anak-anak di kelas 4 makhraj dan tajwidnya sudah tertata, faktor pendukung dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah adanya anak kelas 4 yang bacaan makhraj dan tajwid sudah tertata dengan rapi dengan ada hafalan juz 30 dan hafalan Surat Yasin. 3) Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah latar belakang keluarga dari siswa yang beragam sehingga sangat mempengaruhi kesadaran beribadah siswa. Sedangkan solusi yang dihadapi guru dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah dengan memberikan nasehat-nasehat arahan-arahan tentang pentingnya menjalankan sholat dan juga memberikan wawasan secara mendalam tentang akibat dari meninggalkan sholat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143122 IKA FAJAR ANDRIASARI |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 02:44 |
Last Modified: | 29 Jun 2018 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8017 |
Actions (login required)
View Item |