EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS I BLITAR

Sajidatul Musanna, 1733143066 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI PADA ANAK BINAAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS I BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Sajidatul Musanna, 1733143066, "Efektivitas Konseling Islam dengan Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri pada Anak Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar", Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, IAIN Tulungagung, 2018, Pembimbing: Lilik Rofiqoh, S.Hum., M.A Kata Kunci: Konseling Islam, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Penyesuaian Diri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak dalam perspektif hukum yaitu usia dibawah 18 tahun yang telah melakukan tindak kejahatan. Mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan menjalani hukuman diantaranya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Blitar. Selama menjalani hukuman ini anak binaan seharusnya dapat menyesuaikan diri agar dapat membangun hubungan interpersonal dan merubah perilaku menjadi lebih baik sehingga tidak berdampak buruk bagi kondisi psikologis mereka. Untuk itu peneliti mencoba untuk menerapkan teknik REBT dalam mengupayakan penyesuaian diri pada anak binaan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Bagaimana karakteristik penyesuaian diri anak binaan di LPKA Kelas I Blitar sebelum dilakukan pemberian Konseling Islam dengan Teknik REBT? (2) Berapakah tingkat efektifitas pemberian Konseling Islam dengan Teknik REBT untuk meningkatkan penyesuaian diri pada anak binaan di LPKA Kelas I Blitar? (3) Bagaimana implikasi pemberian Konseling Islam dengan Teknik REBT terhadap penyesuaian diri pada anak binaan di LPKA Kelas I Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah Pre Test Post Test Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Salah satu sumber data yang digunakan yaitu angket. Subjek berjumlah 8 yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu 4 orang untuk kelompok eksperimen dan 4 orang untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dari 24 responden diketahui 14 anak binaan memiliki tingkat penyesuaian diri yang tinggi. Sementara sisanya 10 anak memiliki tingkat penyesuaian diri sedang. (2) Berdasarkan Uji Regresi Linier didapatkan nilai R Square yaitu 0,898 atau 89,8%, maka diketahui Konseling Islam dengan Teknik REBT efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri anak binaan di LPKA Kelas I Blitar. (3) Implikasi pemberian Konseling Islam dengan Teknik REBT yaitu perubahan pola pikir subjek bahwa solat adalah kewajiban umat Islam dan toleransi dengan kepribadian anak binaan lain yang berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 1733143066 Sajidatul Musanna
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:23
Last Modified: 06 Jun 2018 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8032

Actions (login required)

View Item View Item