DEWI CAHYANINGRUM, 1724143073 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (863kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Terhadap kemampuan Berpikir Analitis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Dewi Cahyaningrum, NIM 1724143073, dibimbing oleh Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D Kata kunci: Model pembelajaran SAVI, berpikir analitis, hasil belajar. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran matematika, siswa pasif dalam pembelajaran serta kesulitan siswa dalam menganalisis masalah hingga menentukan solusi dalam pelajaran matematika banyak dialami siswa disekolah mulai jenjang SD sampai SMA. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional dan mengakibatkan kemampuan berpikir analitis siswa tidak berkembang. Model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan berpikir analitis dan aktif dalam pembelajaran adalah model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual), dimana model pembelajaran ini melibatkan seluruh indra dan pemikiran(Intelektual) siswa untuk aktif dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitiannya adalah eksperimen semu dengan bentuk the nonequivalent Posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 336 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas VIII-B sebanyak 37 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data dari uji t-test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 yang di tunjukkan oleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan oleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,025 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1724143073 DEWI CAHYANINGRUM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 07:06 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 07:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8053 |
Actions (login required)
View Item |