NUSHROTUDDINIYAH, 1725143230 (2018) PENGARUH MEDIA KERTAS LIPAT (ORIGAMI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SIMETRI BANGUN DATAR DI MIN 4 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (121kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (234kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (299kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Kertas Lipat (Origami) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II MIN 4 Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Nushrotuddiniyah, NIM. 1725143230, pembimbing oleh Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata kunci: Media, kertas, lipat (Origami), Hasil, Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media kertas lipat (origami) dapat mempengaruhi hasil belajar Matematika. Selain itu peneliti menggunakan media kertas lipat (origami) agar dapat memberikan warna dan suasana yang baru dalam pembelajaran di kelas sehingga hasil beljar meningkat. Dalam hal ini peneliti menggunakan media kertas lipat (origami). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh media kertas lipat terhadap hasil belajar siswa pada materi simetri bangun datar MIN 4 Ngantru Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kertas lipat terhadap hasil belajar siswa pada materi simetri bangun datar MIN 4 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MIN 4 Ngantru Tulungagung yang berjumlah 43 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IIA dan IIB MIN 4 Ngantru Tulungagung, kelompok eksperimen di kelas IIB dan kelompok kontrol di kelas IIA. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Metode tes digunakan peneliti untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data berupa informasi mengenai respon siswa terhadap pelajaran matematika dengan materi simetri bagun datar serta informasi-informasi yang dibutuhkan dan digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, dan dokumen madrasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Ada pengaruh yang signifikan dari media kertas lipat (origami) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II MIN 4 Ngantru Tulungagung. Hal ini ditunjukkan pada analisis skor peningkatan (gain) hasil belajar siswa dengan menggunakan uji independent sample t-test terdapat perbedaan yang signifikan dari gain hasil belajar siswa kelas eksperimen (M=22.27, SD=11.98) dan kelas kontrol [M=7.62, SD=16.40; t(41)=3.446, p=0.001], maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini terbukti dilihat dari niai rata – rata (mean) dari tiap kelas. Kelas eksperimen mempunyai nilai rata – rata (mean) 22,27 yang lebih tinggi dari kelas kontrol -1,00. Selain itu dilihat dari nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti bahwa, terdapat pengaruh media kertas lipat (origami) terhadap hasil belajar siswa kelas II di MIN 4 Ngantru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143230 NUSHROTUDDINIYAH |
Date Deposited: | 03 Dec 2018 06:51 |
Last Modified: | 03 Dec 2018 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8069 |
Actions (login required)
View Item |