PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA KELAS II DI MI TARBIYATUSSYIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG

RENITA DEWI WAHYUNI, 1725143240 (2018) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB PADA KELAS II DI MI TARBIYATUSSYIBYAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab pada Kelas II di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung” ini di tulis oleh Renita Dewi Wahyuni, NIM. 1725143240, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah yang di Bimbing Oleh Bapak Nuryani, S. Ag. M.Pd.I. Kata Kunci : Media Visual, Pembelajaran, Mufradat, Bahasa, Arab Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh kenyataan yang ada dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah yaitu penggunaan media yang sebaiknya digunakan guru dalam proses pembelajaran. khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab ditingkat kelas bawah yang dirasa masih asing dalam menerima pembelajaran bahasa Arab. Hal ini pun sama sekali belum mereka dapatkan di jenjang pendidikan sebelumnya. Oleh karena itu, guru bahasa Arab harus dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik mampu memahami materi serta memiliki rasa suka dan semangat dalam belajar bahasa Arab dengan dasar memahami Mufradat bahasa Arab. karena dalam belajar bahasa Asing, kosa kata adalah sebagai landasan dasar untuk memahami sebuah kalimat atau materi yang akan disampaikan agar mudah untuk dipahami. Dalam hal ini, penggunaan jenis media sangat diperlukan untuk membantu proses pembelajaran mufradat bahasa Arab di kelas. Pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media visual dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung?; (2) Bagaimana Kendala Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Pada Kelas II di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung?; (3) Bagaimana Upaya Guru Mengatasi Kendala Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Pada Kelas II di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung?. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk penelitian lapangan di lihat dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, dan berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan derajat kepecayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini adalah 1). Penggunaan media visual yang digunakan dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada kelas ii di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung ini berupa: a).Kegiatan perencanaan sebelum penggunaan xv media visual dalam pembelajaran mufradat bahasa di kelas ii. b). Pelaksanaan pengunaan media visual dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. c). Kriteri pemilihan media visual yang akan digunakan dalam proses pembelajaran mufradat bahasa Arab di kelas ii. d). Jenis media visual yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran mufradat bahasa Arab di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung. 2).Kendala penggunaan media visual dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada kelas ii di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung yang berupa: a). Ada beberapa siswa yang masih kesulitan dalam menulis dan membaca mufradat bahasa Arab. b). Keterbatasan waktu mengajar. Alokasi waktu yang kurang dalam penggunaan media visual membuat belum maksimalnya penggunaan media visual itu sendiri. c). Kurang tersedianya alat peraga sebagai penunjang pembelajaran, sehingga guru dianjurkan untuk membuat dan menginovasi media visual sendiri. 3). Upaya guru untuk mengatasi kendala penggunaan media visual dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab pada kelas ii di MI Tarbiyatussibyan Boyolangu Tulungagung, ini berupa : a). Menganalisis kebutuhandan karakteristik peserta didik, merumuskan tujuan intruksional, merumuskan materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan dan bisa memenegemen waktu pelaksanaan penggunaan media visual dengan maksimal, b). Adanya kegiatan penunjang untuk siswa agar tidak lagi kesulitan menulis dan berbicara menggunakan bahasa Arab seperti halnya pembinaaan les bahasa Arab oleh guru mata pelajaran bahasa Arab (adanya tambahan jam) yang dilakukan setelah pulang sekolah, pembinaan pidato bahasa Arab yang dilakukan setiap hari sabtu. Dan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ), c). Adanya pengembangan media visual yang bertujuan agar terciptanya penggunaan media visual yang inovatif dan kreatif., d). Keterpaduan anatara pemilihan jenis media visual yang digunakan dengan kondisi dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12505184029 RENITA DEWI WAHYUNI
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:38
Last Modified: 26 Jun 2018 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8127

Actions (login required)

View Item View Item