NANI PURI ASTIKASARI, 1725143197 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PANDANSARI NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (143kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (381kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (225kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Nani Puri Astikasari, NIM 1725143197, pembimbing Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa masih banyak siswa SD/MI yang kurang menyadari akan pentingnya membaca, siswa kurang minat membaca pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan berdampak menurunnya minat baca siswa SD/MI, sehingga minat baca siswa rendah. Oleh sebab itu perlu adanya suatu strategi yang sesuai dan tepat dari guru dalam meningkatkan minat baca siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung? (4) Bagaimana faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pandansari Ngunut Tulungagung. Sumber daata yang peneliti peroleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa madrasah dan juga dokumen madrasah. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dalam bentuk-bentuk strategi. Guru merencanakan itu mulai dari memperkenalkan buku-buku ke peserta didik, memberi motivasi atau dorongan ke peserta didik tentang pentingnya membaca, memberi tugas meresume mencakup 5W+1H, membuat pertanyaan yang jawabannya ada di materi, mencari kliping atau artikel terkait materi yang diajarkan, dan ada kerjasama antara guru dengan orang tua siswa. (2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu dalam pelaksanaan yang guru lakukan sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan yaitu guru memberikan tugas meresume, membuat kliping, membuat pertanyaan dan mendorong siswa untuk bercerita tentang apa yang telah di dengar atau di bacanya. (3) Faktor pendukung guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu adanya program sekolah bahwa siswa yang tamat dari MIN Pandansari wajib menyumbangkan 1 buah buku bacaan, adanya perpustakaan kecil di almari kelas, adanya buku LKS, buku paket, buku guru yang memudahkan guru memberikan tugas seperti tugas meresume, membuat kliping, dan membuat pertanyaan. (4) Faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat baca siswa yaitu kurangnya variasi buku, minimnya koleksi buku yang ada di kelas-kelas, dan masih ada siswa yang belum bisa membaca. Kata kunci: Strategi Guru, Minat Baca
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143197 NANI PURI ASTIKASARI |
Date Deposited: | 10 Aug 2018 02:01 |
Last Modified: | 10 Aug 2018 02:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8146 |
Actions (login required)
View Item |