ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG

INTAN MUTIARA DEWI, 1724143114 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII DI MTs NEGERI 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII Di MTs Negeri 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Intan Mutiara Dewi, NIM. 1724143114, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D Kata kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika serta kemampuan penalaran siswa yang masih cenderung rendah dalam memecahkan masalah matematika. Siswa masih kesulitan dalam memberikan alasan yang tepat terhadap suatu permasalahan yang telah dikerjakan serta kebingungan dalam memberikan kesimpulan terhadap suatu pernyataan. Padahal seharusnya kemampuan penalaran sangat dibutuhkan ketika siswa memecahkan suatu permasalahan, karena dengan begitu siswa akan mudah menerapkannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII di MTs Negeri 6 Tulungagung berdasarkan tingkat kemampuan siswa yaitu, siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A di MTs Negeri 6 Tulungagung. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang dimiliki dengan menggunakan 3 butir soal uraian yang berbentuk pemecahan masalah. Wawancara dilaksanakan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang diikuti 6 siswa dari 34 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan siswa yaitu 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi memenuhi pada indikator mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika; menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari suatu pernyataan; dan memeriksa kesahihan suatu argument. (2) Siswa yang berkemampuan sedang memenuhi pada indikator mengajukan dugaan dan memeriksa kesahihan suatu argumen. (3) Siswa yang berkemampuan rendah memenuhi indikator mengajukan dugaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143114 INTAN MUTIARA DEWI
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:00
Last Modified: 07 Aug 2018 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item View Item