Penggunaan Media Gambar dengan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012

Mursid, Mursid (2012) Penggunaan Media Gambar dengan Metode Penugasan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB II.docx ACC.docx

Download (68kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
REVISI BAB I.docx ACC.docx

Download (31kB)
[img] Text
REVISI BAB III.docxACC.docx

Download (183kB)
[img] Text
REVISI BAB IV ACC.docx

Download (59kB)
[img] Text
REVISI BAB V acc.docx

Download (19kB)
[img] Text
REVISI HALAMAN DEPAN.docx

Download (278kB)
[img] Text
juni cover mursid.docx

Download (163kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Media Gambar, Metode Penugasan, Prestasi Belajar IPS Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyak respon siswa yang kurang begitu tertarik dalam mempelajari IPS dan menyebabkan prestasi belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru IPS kurang bervariasi. Bahkan masih ada guru yang menggunakan pembelajaran tradisional yaitu hanya mentransfer pengetahuannya kepada siswa sehingga siswa bersifat pasif. Dalam pembelajaran IPS ada beberapa Media/model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah media gambar dan metode penugasan, siswa dibimbing untuk menemukan sendiri materi yang dipelajarinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan Media Gambar Dengan Metode Penugasan pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung? 2) Apakah penggunaan Media Gambar Dengan Metode Penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS siswa Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Untuk menjelaskan penggunaan Media Gambar Dengan Metode Penugasan pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung. 2) Untuk menjelaskan penggunaan Media Gambar Dengan Metode Penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS siswa Kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Suharsimi Arikunto dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguanaan media gambar dengan metode penugasan memberikan banyak konstribusi diantaranya siswa menjadi terlatih untuk menemukan ide/gagasan yang dipelajarinya sehingga siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok. Peningkatan Pprestasi belajar IPS siswa ini dibuktikan sengan peningkatan prestasi belajar siswa yang cukup memuaskan tiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator keberhasilan yang berupa nilai hasil belajar siswa. Rata-rata nilai hasil belajar tes siklus I adalah 9,52 % dan 38 % yang berada pada kriteria kurang baik. Sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 90,47% yang berada pada kriteria sangat baik. Dari data tersebut terlihat bahwa pencapaian pembelajaran dengan menggunakan media gambar dengan metode penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa media gambar dan metode penugasan dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDI Sunan Giri Wonorejo, Sumbergempol, Tulungagung tahun ajaran 2011/ 2012 pokok bahasan Uang. Saran - saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) hendaknya selalu memberi strategi baru dalam pembelajaran untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik dapat meningkat, (2) guru disarankan agar melaksanakanpenelitiantindakankelasuntuklebih mengenal secara mendalam permasalahan dalam proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 06:57
Last Modified: 26 Jan 2015 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item