Bilqis Waritsa Firdausi, 1725143041 (2018) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Download (434kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Download (595kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Download (407kB) |
||
Text
Bab 6.pdf Download (151kB) |
||
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) |
Abstract
ABSTRAK Bilqis Waritsa Firdausi, 1725143041, 2018, Skripsi dengan judul Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian Guru Kompetensi kepribadian guru merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, berakhlak mulia serta menjadi teladan bagi peserta didik. Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru dalam menjalankan proses pendidikan. Seiring perkembangan zaman guru harus meningkatkan kompetensi kepribadian pada pribadi karena guru merupakan center dalam membantu menciptakan kehidupan masyarakat yang cerdas, pandai, berilmu pengetahuan, berjiwa sosial, demokratis, dan berakhlaq mulia. Upaya yang dilakukan salah satunya adalah meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Maka peneliti mengambil judul Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini, (1) Bagaimana upaya meningkatkan kompetensi kepribadian guru di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung?, (2) Bagaimana kendala dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru di SDIT Nurul Fikri Kedungwaru Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan komptensi kepribadian guru, dari aspek kearifan, kewibawaan dan akhlaq mulia, serta mendeskripsikan kendala yang muncul dalam proses peningkatan kompetensi kepribadian guru di SDIT Nurul Fikri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan kredibilitas, trasferbilitas, dependabillitas, konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Upaya meningkatkan kompetensi keprribadian guru di SDIT Nurul Fikri, a) Upaya meningkatkan kompetensi guru dalam aspek kearifan di SDIT Nurul Fikri (1) mengikuti pelatihan/seminar kepribadian, (2) membaca buku-buku untuk menambah wawasan tentang kebijaksanaan, (3) mempelajari tentang tokoh-tokoh pendahulu, (4) membiasakan diri untuk mengambil keputusan secara bijaksana, (5) berpikir positif dan terbuka. b) Upaya meningkatkan kompetensi kepribadian dalam aspek kewibawaan di SDIT Nurul Fikri, (1) membaca buku-buku psikologi, (2) sharing dengan teman sejawat, (3) belajar dari pengalaman para pendahulu di bidang pendidikan, (4) menjadi pendengar yang baik, (5) berteman dengan siapa saja, (6) dekat dengan peserta didik, (7) selalu berusaha menghormati orang lain. c) Upaya meningkatkan kompetensi kepribadian guru dalam aspek akhlaq mulia di SDIT Nurul Fikri, (1) program pembinaan pekanan, (2) program kajian rutin, (3) evaluasi dua pekan sekali, (4) mutabaah pekanan ibadah. 2. Kendala yang muncul dalam proses peningkatan kompetensi kepribadain, (a) kurangnya motivasi dari dalam diri pribadi masing-masing pendidik, (b) kurangnya dukungan dari lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 1725143041 Bilqis Waritsa Firdausi |
Date Deposited: | 09 Aug 2018 06:15 |
Last Modified: | 09 Aug 2018 06:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8187 |
Actions (login required)
View Item |